Shangrila Wakili SMAN 4 Lahat Jadi Utusan AFS Year Program

SWARNANEWS.CO.ID, LAHAT | Sekolah Menengah Atas Unggul Negeri 4 Lahat kembali menorehkan prestasi, kali ini siswi yang duduk di bangku kelas XI MIPA 2 terpilih menjadi utusan AFS Year Program pertukaran pelajar 2019/2020 di Negara Ceko, benua Eropa. Siswi tersebut tidak lain ialah Shangrila Putri Asiyah.

Keberangkatan Shangrila inipun tidak lepas dari keberhasilan kepala sekolah dalam mendidik siswa sehingga prestasi demi prestasi dapat ditorehkan demi mengharumkan nama sekolah terkhusus Kabupaten Lahat.

Pelepasan siswi ini secara langsung dilepas oleh Bupati Lahat Cik Ujang, dimana tampak hadir mendampingi Bupati, yakni Wakil Bupati (Wabup) H. Haryanto. SE. MM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Lahat dan Sekretaris Disdikbud Lahat. Selain itu, ada pula undangan orang tua Shangrila dan Kepala Sekolah (Kepsek) Se-Kabupaten Lahat.

BACA JUGA  PTBA Selesaikan Rehabilitasi DAS Tahap I

Cik Ujang selaku orang nomor satu di bumi seganti setungguan ini mengaku sangat mengapresiasi Shangrila yang masuk dalam 8 besar dari 146 siswa terpilih yang diikuti sebanyak 7 ribu siswa se-Indonesia itu dan akan mengikuti pertukaran pelajar selama satu tahun.

“Kepada Shangrila yang mendapatkan kesempatan emas dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya Indonesia khususnya budaya dan tradisi serta wisata Kabupaten Lahat di negara yang dikunjunginya. Program pertukaran pelajar ini adalah untuk mempererat persahabatan, toleransi dan memperkuat semangat kerjasama internasional serta menumbuhkan para pelajar yang mampu untuk melatih keterampilan dan berkontribusi pada masyarakat,” terang Bupati.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri Unggul 4 Lahat, Baslini, M.Pd menyampaikan tujuan dari Program pertukaran pelajar bukan hanya untuk menguasai bahasa asing saja, akan tetapi menjadikan siswa semakin mendalami pengetahuan dibidang ilmu dan budaya.

BACA JUGA  Cik Ujang: Lanjutkanlah Pendidikan Yang Lebih Tinggi

“Tinggal di negara baru merupakan tantangan besar bagi siapa saja. Akan tetapi, tantangan ini dapat membukakan mata Shangrila pada dunia yang lebih luas. Pengalaman hidup seperti warga lokal akan memberikannya prespektif baru. Jelajahi kehidupan dilingkungan baru dan perkaya wawasan melalui program pertukaran pelajar tersebut,” terangnya.

Selain itu, Shangrila dalam Snapchat WhatsApp nya memohon maaf kepada seluruh teman-teman nya jika ia banyak salah, karena ia akan berangkat pada malam ini pukul 18:20. Dan ia pun mohon doa agar ia dapat sampai tujuan.

Laporan : Jumra
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait