Petani Sawah Tadah Hujan Harapkan Pemkab OKU Buat Sumur Bor

SWARNANEWS.CO.ID, OKU | Sejumlah petani sawah tadah hujan di Kecamatan Buana Pemaca, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, mengharapkan adanya pembangunan irigasi dan sumur bor untuk mengaliri air ke sawah milik petani di wilayah setempat.

“Selama ini tidak ada irigasi maupun sumur bor sehingga sawah kami mengalami krisis air selama kemarau,” kata salah seorang petani sawah tadah hujan di Desa Damarpura, Kecamatan Buana Pemaca, Ogan Komering Ulu Selatan, Budi di Muaradua, Minggu (25/08/2019).

Dia mengatakan, musim kemarau yang melanda wilayah setempat sejak beberapa bulan terakhir berdampak pada sawah petani mengalami krisis air sehingga hasil panen tidak sesuai harapan.

BACA JUGA  Manfaatkan Teknologi, SMK Yadika Gelar Ujian Berbasis Android

“Hasil panen jauh berkurang akibat kemarau. Biasanya setiap panen dapat mencapai satu ton lebih, namun sekarang setengahnya saja tidak sampai,” katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, petani mengharapkan adanya pembangunan irigasi dan sumur bor dari pemerintah setempat agar sawah tidak mengalami kekeringan.

“Jika sawah tidak mengalami krisis air, hasil panen dapat sesuai harapan sehingga kami tidak merugi,” kata Wagino petani lainnya menambahkan.

Menurut dia, musim kemarau yang melanda wilayah setempat sejak lebih dari dua bulan terakhir tersebut berdampak pada sawah mengalami kekeringan air.

BACA JUGA  74 Desa di OKU Siap Pilkades

“Hal tersebut berdampak pada hasil panen menurun drastis karena sawah tadah hujan ini hanya mengandalkan air hujan,” kata dia.

Dengan adanya irigasi dan sumur bor, lanjut dia, pasokan air ke sawah petani tetap terjaga meskipun kemarau melanda dalam waktu yang cukup lama.

“Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan pemerintah dapat membangun irigasi dan sumur bor tersebut,” harapnya. (*)

Teks : antara
Editor : maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait