Selama September Dinkes Buka Imunisasi Difteri

9 September 2019 2:50 pm,

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG, (09/9/2019) | Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan pelayanan imunisasi difteri kepada pelajar atau anak usia sekolah dasar di kota setempat sepanjang September 2019.

Pelayanan imunisasi difteri bulan ini merupakan lanjutan program sebelumnya untuk memberikan perlindungan maksimal kepada anak-anak terhadap penyakit tersebut, kata Kepala Dinas Kesehatan Palembang, dr Letizia di Palembang, Senin.

Anak-anak harus mendapatkan imunisasi tersebut agar bisa terhindar dari infeksi yang disebabkan bakteri Corynebacterium diphteriae yang menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta dapat mempengaruhi kulit.

Penyakit difteri sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa, dalam kasus yang parah, penyakit ini dapat menyerang kulit, jantung, dan sistem saraf otak.

BACA JUGA  Pemkot Palembang gratiskan PBB warga tak mampu

Melihat bahayanya penyakit tersebut, pihaknya mengimbau warga Bumi Sriwijaya ini menyukseskan program bulan pemberian vaksin difteri untuk mengendalikan kejadian luar biasa (KLB).

Untuk menyukseskan bulan pemberian vaksin difteri yang dijadwalkan berlangsung sepanjang September 2019, diharapkan warga kota ini bisa menerima pemberian vaksin tersebut jika ada petugas mendatangi sekolah atau tempat lainnya, katanya.

Menurut dia, imunisasi sebagai salah satu upaya preventif yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penularan penyakit tertentu di tengah-tengah masyarakat melalui pemberian kekebalan tubuh kepada anak-anak sejak dini.

BACA JUGA  PGRI Palembang Tingkatkan Kinerja Guru

Pemberian imunisasi dengan vaksin tertentu harus dilaksanakan secara terus menerus, menyeluruh, sesuai standar sehingga mampu memberikan perlindungan kesehatan dan memutus mata rantai penularan suatu penyakit.

Sementara sebelumnya pada Bulan Imunisasi Nasional sepanjang Agustus 2019, Dinkes Palembang melakukan imunisasi campak kepada 30.841 pelajar atau anak usia sekolah dasar.

Kemudian pada Oktober 2019 dijadwalkan pelayanan imunisasi tetanus dengan sasaran pelajar yang ada 18 kecamatan dalam wilayah Kota Palembang, ujar dr Letizia.

Teks/Editor:  Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait