Stok Melimpah Bawang Tembus Rp.28 Ribu per Kg

9 September 2019 3:07 pm,

SWARNANEWS.CO.ID- NUNUKAN, (09/9/2019) | Pasokan dua kali sepekan dari Sulawesi Selatan sehingga stok berlimpah menyebabkan turunnya harga bawang merah di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara hingga menjadi Rp28.000 per kilo gram.

Supardi, salah seorang agen bumbu masak di Pasar Inhutani Kabupaten Nunukan, Senin mengatakan, sejak sebulan terakhir harga bawang merah terus menurun dari Rp42.000 per kilo gram sebelum lebaran Idul Adha 1440 H hingga Rp28.000 per kilo gram saat ini.

BACA JUGA  Jelang Ramadhan Bisnis Kuliner Semakin Dilirik

“Penurunan harga disebabkan oleh pasokan yang melimpah dari Sulsel karena bertepatan musim panen. Selain itu musim kemarau yang melanda Sulsel sejak dua bulan lalu dimanfaatkan petani bawang merah untuk panen. Oleh karena itu, harga terus mengalami penurunan,” katanya.

Selain bawang merah, bawang putih pun mengalami penurunan harga dari Rp38.000 per kilo gram pada saat menjelang Idul Adha 1440 H kini sisa Rp30.000 per kilo gram.

BACA JUGA  Pertamina Siapkan US$1,5 Miliar Kelola Lapangan Minyak di Iran

Pedagang bumbu masak lainnya di Pasar Inhutani bernama Muli mengakui, meskipun harga bawang merah dan bawang putih terus menurun tapi tidak meningkatkan daya beli masyatakat.

Muli mengatakan, harga eceran bawang merah yang sudah dibersihkan kulitnya dijual Rp30.000 per kilo gram.

Teks/Editor: Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait