Nunukan Layak Dicontoh Gratiskan IMB

SWARNANEWS.CO.ID-NUNUKAN, 11/9/2019 |  Pemkab Nunukan Kalimantan Utara layak dicontoh daerah lain, sudah menggratiskan biaya pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB) demi meningkatkan pelayanan dan memudahkan bagi masyarakat.

Menanggapi hal ini, Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid di Nunukan, Rabu membenarkan adanya program pemerintahannya dengan biaya gratis khusus pengurusan IMB bagi warganya.

Penggratisan biaya IMB tersebut telah diluncurkan dua tahun lalu namun belum berlaku efektif sehubungan masih ada aspek lain yang butuh sinkronisasi.

“Kami sudah luncurkan penggratisan biaya pengurusan IMB sejak dua tahun lalu. Memang belum berlaku efektif karena ada hal-hal lain yang butuh sinkronisasi ulang,” ujar Laura sapaan Bupati Nunukan ini.

BACA JUGA  Febrita Lustia Herman Deru Resmi Ketua TP PKK Provinsi Sumsel

Meskipun diberlakukan biaya gratis, tapi tidak semuanya tidak dibayar. Sebab, masyarakat masih wajib membayar biaya administrasi lainnya.

Hanya saja, biaya yang cukup besar yang ditanggung masyarakat sebelumnya sudah diperkecil sesuai ketentuan yang berlaku di Pemkab Nunukan.

“Walaupun biayanya gratis tapi tidak semua juga tidak dibayar. Ada hal-hal tertentu yang tetap dibayar sebagai pendapatan daerah,” beber dia.

Pengurangan biaya pengurusan IMB ini tidak lain untuk memudahkan masyarakat dan upaya mempercepat pelayanan.

Menurut Laura, ada beberapa persyaratan untuk mendapatkan IMB telah dipangkas sehingga masyarakat semakin mudah mendapatkannya.

BACA JUGA  Suku Dayak Diusulkan Jadi Mentri

Selain itu biaya yang masih harus dibayar telah terjangkau. Oleh karena itu, Laura mengharapkan, penggratisan biaya pengurusan IMB tersebut berdampak positif bagi perekonomian dan rentan waktu bagi masyarakat.

Ia mengakui, sebelumnya pengurusan IMB sangat berbelit-belit dalam hal persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Ditambah biaya yang cukup besar yang harus dikeluarkan.

Namun pasca pemberlakuan biaya gratis ini menjadi pemicu bagi masyarakat untuk mengurus IMB sekaligus mendongkrak pendapatan daerah.

Teks : Antara
Editor:  Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait