Swarnanews.co.id-Palembang, 04/10 /2019 – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berjanji secepatnya menanggapi laporan masyarakat sehubungan telah ada dan berfungsinya aplikasi berjaringan.
Pemprov Sumsel telah menyediakan aplikasi Layanan Asprasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), kata Asisten Administrasi dan Umun Setda Provinsi Sumsel, Edwar Juliartha di Palembang, Jumat.
Melalui aplikasi tersebut masyarakat akan cepat melaporkan seperti permasalahan pelayanan publik termasuk di kabupaten dan kota.
Begitu juga pemerintah akan secepatnya menanggapi pengaduan dari masyarakat tersebut karena itu suatu keharusan.
Oleh karena itu silahkan Lapor! dan pihaknya langsung memperhatikan karena aplikasi itu terintegrasi dengan semua layanan yang disediakan Pemprov, ujar dia.
Bukan itu saja tetapi dengan adanya aplikasi Lapor maka lebih menyadarkan masyarakat bahwa pemerintah hadir selama 24 jam dalam seminggu, kata dia.
Selain itu Pemprov Sumsel juga telah melakukan kebijakan untuk menggalakan Lapor! di semua lapisan masyarakat, dengan memanfaatkan segala stakeholder agar terkomunikasi, terinformasi, teredukasi dengan baik.
Dengan sinergitas dan kolaboratif dengan perguruan tinggi diharapkan mahasiswa dapat jadi bagian penting dalam proses implementasi Lapor.
Lapor! SP4N ini adalah pelayanan yang diperuntukkan bagi masyarakat dan ini merupakan media online bagi warga untuk mengadukan keluhan.
Aplikasi ini merupakan website resmi yang dibuat Kementerian PAN-RB kerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dengan The German Organisation for International Cooperation (GIZ).
Lapor sendiri terus disosialisasikan termasuk pada mahasiswa melalui Lapor! Goes To Campus seperti di Gedung Graha Sriwijaya Kampus Unsri Palembang.
Teks/Editor: Antara/Asih