74 Desa di OKU Siap Pilkades

Swarnanews.co.id-Baturaja, 12/10/2019 – Sebanyak 74 desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada tahun 2019 ini.

“Ada 74 desa pada tahun ini akan menggelar pilkades serentak,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Ahmad Firdaus, di Baturaja, Sabtu.

Dia menjelaskan, sebanyak 74 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak ini tersebar di 12 kecamatan dalam Kabupaten OKU.

BACA JUGA  SMPN 13 OKU Terus Memacu Diri Menjadi Sekolah Bermutu

Pilkades serentak yang ketiga kalinya digelar Pemerintah Kabupaten OKU ini dilaksanakan untuk mengganti jabatan kepala desa lama karena sudah habis masa jabatannya.

“Berdasarkan aturan, desa yang masa jabatan kadesnya sudah habis harus menggelar pilkades atau menunjuk seorang pelaksana tugas (plt) sebelum proses pemilihan digelar,” katanya pula.

Dia mengemukakan, tahapan pilkades serentak di 74 desa ini akan digelar pada November 2019 yang dlakukan dengan cara memilih calon kepala desa oleh masyarakat setempat.

BACA JUGA  Jalan Rusak Parah, Truk Tanki Ini Terjebak Empat Hari

“Untuk tahap pertama yaitu pembentukan panitia pilkades serentak tingkat kabupaten,” katanya lagi.

Panitia di tingkat kabupaten ini akan direkrut dari dinas atau instansi terkait seperti Kesbangpol, Pol PP, TNI, Polri, dan pegawai kecamatan di wilayah masing-masing.

“Seluruh panitia ini diambil dari petugas di kecamatan yang desanya mengikuti pelaksanan pilkades,” ujarnya pula.

Teks/Editor: Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait