Oknum Sekdes Diduga Rangkap Pelaksana Proyek DD

SWARNANEWS.CO.ID, OGAN ILIR | Oknum Sekretris Desa (sekdes) Desa Rengas 1 , Al Hidori diduga merangkap pelaksana kegiatan proyek pembangunan gedung madrasah diniyah desa setempat.

Hal ini terungkap saat anggota Lembaga Pengawasan dan Pelayanan Informasi Publik (LP3), Eri Eprika melakukan investigas pada 31 Agustus 2019 lalu.

Menurut Eri ia mendapat informasi dari oknum sekdes, bahwa dirinya menjabat sebagai kepala administrasi dalam
pelaksana pengelolaan keuangan desa (PPKD) proyek pembangunan gedung madrasah diniyah yang ada di desa Rengas 1 Kecamatan Payaraman Ogan Ilir.

Erik menilai jabatan sekdes di kegiatan itu bertentangan dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018.

“Harusnyo sebagai Sekdes dio tu jadi koordinator TPKD, tugas pengadaan barang dan lain-lain la ado galo urangnyo. Jangan aji mumpunglah,”imbuh Eri dalam logat bahasa daerah OI.

BACA JUGA  Jaga Kebugaran Dengan Senam

Eri menyesalkan dalam pelaksanaan proyek tersebut dilaksakan oleh kelompok orang tertentu yang tidak mencerminkan swakelola padat karya dikerjakan oleh kelompok masyarakat secara bergiliran sebagaimana yang diamanatkan oleh perundang undangan.

“Katonyo dikerjakan swakelola, tapi di lapangan sampai 70 persen cuma urang empat yang begawenyo. Kelompok masyarakat lain yang berkompoten kukiro banyak yang mengharap begawe jugo. Harusnyo kalo swakelola padat karya bolehlah bergantian caro ngerajokenyo, “kata Eri.

Hal ini ternyata dibenarkan oleh Alhudori yang menjabat sebagai sekdes rengas 1 saat dikonfirnasi.

BACA JUGA  Desa Tanjungbatu Dipenuhi Sampah Rumah Tangga

” Yo.. ! untuk Tim Pelaksana Kegiatan Desa diketuoi oleh Ulil Azmi (Kasi Kesra dan Pelayanan), Bendaharanyo Adi Kusuma (Kaur Keuangan).Nah… aku Kepala Administrasinyo,” ungkap Alhudori.

Demikian juga menurut Kepala desa Rengas 1, ia membenarkan hal tersebut. ” Dio (sekdes) tu dimasukkan di tim TPKD, segalo perangkat itu ado galo SKnyo di tiap tugas, merekalah (perangkat desa) yang jadi tim TPKD-nyo. Kito sebagai Kades iko ni penanggunjawab keuangan, kalu dio (Sekdes) la mbuat SPJ kito liat. Masuk apo ndak, men masuk, tinggal nando tangan,” papar Sejon panggilan akrab Kades ini. (*)

Teks/Editor : Tim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait