Harga Pangan Turun Palembang Deflasi 0,09 Persen

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG, 03/11/2019 | Kota Palembang mengalami deflasi sebesar 0,09 persen pada Oktober 2019 dipicu penurunan harga sejumlah komoditas bahan makanan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan Endang Tri Wahyuningsih di Palembang, Minggu, mengatakan penurunan terjadi terutama untuk komoditas cabai merah dan telur ayam ras.

“Dua komoditas itu memberikan andil utama terhadap deflasi di Kota Palembang. Ada pula penurunan harga emas perhiasan dan angkutan udara,” kata dia.

BACA JUGA  BMKG Rilis Curah Hujan Mulai Merata

Endang mengatakan BPS memantau perkembangan indeks harga konsumen tak hanya di Palembang, melainkan pula di Kota Lubuk Linggau.

Namun demikian, kata dia, kondisi berbeda terjadi di Lubuk Linggau di mana di kota itu malah terjadi inflasi akibat kenaikan harga daging ayam ras, beras serta bawang merah.

BACA JUGA  Siaga Kemarau, APP Sinar Mas Intensifkan Pencegahan Karhutla

“Akibatnya di Lubuk Linggau malah inflasi sebesar 0,03 persen karena harga bahan makanan di sana justru naik,” katanya.

Endang memaparkan kedua kondisi IHK tersebut membuat Sumatra Selatan secara umum mengalami deflasi sebesar 0,08 persen pada bulan lalu. Sementara secara tahunan (Januari—Oktober 2019) inflasi Sumsel tercatat sebesar 1,41 persen.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait