Pemerintah Maksimalkan Help Desk Dalam Rekrut CPNS

Swarnanews.co.id-Jakarta, 06/11 /2019 | Anggota Ombudsman RI Laode Ida meminta setiap instansi yang membuka formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) agar memastikan pusat bantuan (help desk) benar-benar berfungsi membantu para pelamar.

Laode Ida di Jakarta, Rabu, mengatakan, setiap instansi secara formal memang sudah memiliki pusat bantuan tapi baru menangani aduan yang sifatnya umum.

“Kita kehendaki yang bersifat khusus, pada tahun lalu help desk dibuka tapi terkadang itu hanya formalitas saja, kalau ada yang melapor hanya ditampung tidak dengan solusi,” kata Laode Ida di Jakarta, Rabu.

Memastikan fungsi pusat bantuan tersebut berjalan optimal, kata dia, karena penerimaan CPNS kali ini meningkat 20 persen dari penyelenggaraan sebelumnya.

“Tentunya kemungkinan pengaduan juga meningkat, perlu diantisipasi supaya tidak terjadi kelemahan pelayanan seperti tahun lalu,” ucapnya.

Keberadaan pusat bantuan khusus untuk seleksi penerimaan CPNS itu, menurut dia, diharapkan dapat mengantisipasi temuan permasalahan yang terjadi pada penyelenggaraan sebelumnya.

Contoh temuan permasalahan seleksi CPNS yang pernah dilaporkan ke Ombudsman, kata dia, seperti mengenai persyaratan yang membingungkan, pengumuman persyaratan yang dibuat oleh penyelenggara menimbulkan multitafsir, pelamar tidak dapat mencetak kartu ujian, dan permasalahan ketidaksesuaian antara NIK dan KK peserta CPNS.

“Tahun ini kita harapkan lebih berkepastian dan memberikan kepastian pada calon pelamar,” ujarnya.

Teks/Editor : Antara/Asih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *