ASN Diminta Manfaatkan Dana Pensiun

8 November 2019 11:07 pm,

SWARNANEWS.CO.ID, BATURAJA, 08/11/2019 | Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengimbau aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahan daerah setempat untuk memanfaatkan program dana pensiun melalui perusahaan perbankan di wilayah setempat.

“Khususnya bagi ASN yang hampir memasuki masa purnabakti agar memanfaatkan program dana pensiun ini,” kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), Achmad Tarmizi saat membuka Sosialisasi Perencanaan Keuangan Menjelang Pensiun dan Produk Pra Pensiun di Baturaja, Jumat.

Dia mengemukakan, pada tahun ini tercatat sebanyak 36 ASN di pemerintahan daerah setempat yang segera memasuki masa pensiun sehingga harus memiliki persiapan keuangan melalui perusahaan perbankan agar memiliki jaminan hari tua.

“Dalam hal ini kami menggandeng Bank Mandiri Syariah selaku pihak pemberi jaminan hari tua bagi ASN yang memasuki masa pensiun,” katanya.

BACA JUGA  Bupati OKU Terima Penghargaan Innofative Goverment Award dan Leadership Award Tahun 2017

Menurut dia, para pegawai harus memiliki dana yang cukup besar untuk ditempatkan pada instrumen investasi minim risiko seperti obligasi pemerintah maupun deposito yang bisa menghasilkan return setara biaya hidup di masa pensiun.

“Karena ketika ASN yang mencapai usia 60 tahun ke atas sudah pasti masa kerjanya akan berakhir dengan sendirinya. Oleh sebab itu, agar tidak menjadi beban anak cucu dan negara, harus melakukan sejumlah persiapan supaya tetap bahagia di hari tua nanti,” tegasnya.

Sementara itu, Branch Manager Bank Mandiri Syariah Baturaja, Abdul Muklis menambahkan bahwa pihaknya membuka akses seluas-luasnya bagi ASN dan masyarakat di wilayah itu untuk mengenal dan menggunakan produk Bank Mandiri Syariah untuk menjamin hari tua.

“Salah satunya melalui Tabungan Pensiun,” kata dia.

Dia menjelaskan, Tabungan Pensiun adalah tabungan yang diperuntukkan bagi nasabah perorangan yang terdaftar di Lembaga Pengelola Pensiun yang telah bekerjasama dengan pihak bank.

BACA JUGA  Jalan Rusak Parah, Truk Tanki Ini Terjebak Empat Hari

Adapun manfaat dari tabungan pensiun ini yaitu membantu pengelolaan keuangan nasabah, bagi hasil kompetitif, biaya administrasi ringan dan pembukaan rekening dapat dilakukan di seluruh jaringan Mandiri Syariah.

Dalam sosialisasi ini, kata dia, Bank Mandiri Syariah juga hadir dengan berbagai produk dan layanan untuk memberikan solusi bagi kebutuhan nasabah dalam pengelolaan dana, pembiayaan serta jasa transaksi.

Produk layanan tersebut, lanjut dia, adalah Tabungan BSM, Tabungan Haji atau Umroh, Gadai Emas dan Cicil Emas.

“Bank Mandiri Syariah selalu berupaya untuk memenuhi ekspektasi dan kebutuhan nasabah dari sisi kualitas maupun layanan. Kami juga ingin ASN dan masyarakat memiliki pengalaman yang baik dalam bertransaksi melalui jasa perbankan syariah ini,” harapnya.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait