Pesta Naggok Ikan Bupati Bareng Masyarakat Disambut Antusias

SWARNANEWS.CO.ID, PALI | Pesta adat Nanggok Ikan bersama Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo MM yang di gelar di kolam belakang Rumah Dinas Bupati disambut antusias ribuan masyarakat yang mengikuti Pesta Adat ini bukan hanya dari Kecamatan Talang Ubi tetapi dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten PALI seperti Ardi pemuda dari Desa Karang Agung Kecamatan Abab.

Ardi mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan nanggok ikan ini, ia tidak mengharapkan dapat ikan besar atau dapat juara tapi yang terpenting adat istiadat jangn sampai ditingalkan dan pemerintah harus sering menghibur masyarakatnya.

“Saya sangat senang bapak Bupati kita mengadakan Pesta Adat ini masyarakat sangat terhibur di tambah suara teriakan ibu-ibu yang gembira terjun ke kolam dan menangkap ikan dengan sanggi,saya berharap setiap tahun bisa di gelar acara ini,”ungkapnya dengan raut wajah gembira sambil mengkat ikan tangkapan nya.

Bupati Pali Ir H Heri Amalindo MM, mengatakan Nanggok Ikan merupakan tradisi masyarakat yang harus dilestarikan, dan jangan dilupakan.

“Sebab masyarakat di Bumi Serepat Serasan, merupakan Petani Karet dan Nelayan, dengan adanya nanggok ikan ini tradisi adat Sumsel tidak hilang, ” ucapnya.

Heri menambahkan panitia telah menaburkan ikan lebih kurang 600 Kilogram, dari seluruh jenis ikan, diantaranya Ikan Patin, Ikan Emas, Ikan Gurami dan ikan lainnya.

Bukan itu saja panitia telah menyiapkan door price, berupa sembako dan mie, serta uang transportasi bagi yang mendapatkan ikan yang mempunyai tanda merah di buntutnya.

“Saya berharap adat istiadat Sumsel, agar tidak hilang ditelan bumi, dan bagi orang tua di rumah agar bisa memberikan pengetahuan kepada anaknya, agar mengingat adat istiadat terdahulu,”pungkasnya.

Teks : Sangkut Saputra
Editor : Asih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *