HKN ke-55 Menu SDM Unggul Bebas Stunting

SWARNANEWS.CO ID, PALEMBANG | Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 begitu banyak hikmah. Buktinya, Sumsel selama setahun ini meraih 28 penghargaan di bidang kesehatan.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumsel Herman Deru usai menghadiri HKN ke-55, sekaligus meresmikan kateterisasi jantung,
di Rumah Sakit Siti Fatimah Palembang, selasa (19/11/2019).

“Banyak penghargaan dibuktikan di bidang kesehatan seperti posyandu, tenaga kesehatan, bidan, dan dokter. Sehingga membuat nama Sumsel menambah harum dalam pelayanan kesehatan,” katanya.

Selain meraih penghargaan tingkat nasional, saat ini yang dikejar dan dituntaskan yakni Universal health Coverage (UHC) agar merata di kabupaten dan kota di Sumsel.

BACA JUGA  Kirab Merajut Nusantara Mampir di Kota Pempek

Sementara itu, Kadis Kesehatan Pemprov Sumsel, Hj Dra Lesti Nurainy menambahkan, peringatan HKN ke-55 bertemakan Generasi Sehat, Sumsel Maju Mendukung Indonesia Unggul. Pokok pembangunan kesehatan sesuai pesan Menteri Kesehatan pada sambutan HKN ke-55, terpenting masalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan jaminan kesehatan.

“Selain itu yang masih masalah adalah masih tingginya harga alkes dan obat, juga mengutamakan penggunaan alkes dalam negeri yang berkualitas,” jelasnya.

Oleh karena itu, pembangunan kesehatan nasional, selaras dengan visi misi Gubernur Sumsel dibidang kesehatan. Utamanya, mewujudkan SDM yang sehat, produktif berkeadilan dan mandiri dalam mempersiapkan untuk kedepan supaya Sumsel maju.

BACA JUGA  Yamaha Lexi Terasa Mewah dan Elegan

Untuk mewujudkan SDM tersebut, disiapkan mulai dari ibu hamil sampai anak berusia dua tahun. Bahkan remaja putri yang belum menikah di berikan pil tambah darah.

“Hal-hal ini di edukasi agar punya anak sehat. Juga menjaga waktu status kehamilan ibu itu baik dan terutama bayi usia dua tahun, karena hari pertama kehidupan usia emas 1000 hari masa perkembangan anak untuk selanjutnya,” ucapnya.

Teks : Iwan
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait