SWARNANEWS.CO.ID, JAKARTA | PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar kompetisi permainan interaktif berbasis digital “DigiRace Competition 2019” di Palembang, Sumatera Selatan. Kompetisi tahunan ini sekaligus menjadi ajang untuk menguji jaringan data XL Axiata, setelah proses fiberisasi untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan data di ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Total sebanyak 10 peserta yang merupakan para penggiat media sosial mengikuti kompetisi di Palembang.
Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan. Salah satunya melalui proses fiberisasi yang saat ini masih terus dilaksanakan di berbagai wilayah Sumatera Selatan. Terutama Kota Palembang sebagai kota terbesar yang juga menjadi pusat berbagai aktivitas di provinsi tersebut. Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.
Desy menjelaskan, program fiberisasi jaringan merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan. Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah. Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara masif di seluruh wilayah Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Di wilayah Sumatera Selatan, fiberisasi jaringan telah terlaksana antara lain di Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin, dan akan menyusul segera di kota/kabupaten lainnya.
Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibukota provinsi dan kota-kota besar di Sumatera, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber. Target XL Axiata secara nasional, hingga akhir tahun 2019 nanti 50% BTS akan terhubung dengan jaringan fiber, dan akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 60-70% pada akhir 2020. Saat ini, fiberisasi sudah menjangkau lebih dari 40% BTS dengan sebagian mencakup wilayah Sumatera. Percepatan fiberisasi kini sedang dilakukan di wilayah luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir.
Head of Sales Greater Palembang-Bangka Belitung, Ferdinan Oktavian mengatakan bahwa fiberisasi yang saat ini terus berlangsung juga telah terbukti mampu meningkatkan kualitas layanan data 4G XL Axiata. Guna memastikannya lebih lanjut sekaligus menunjukkan kepada masyarakat luas, XL Axiata menyelenggarakan program khusus “DigiRace Competition 2019” ini. Dengan mengundang para peserta dari kalangan pegiat media sosial independent yang intens memanfaatkan layanan data, XL Axiata berharap bisa menunjukkan secara langsung kepada masyarakat peningkatan kualitas jaringan data hasil dari fiberisasi.
Tantangan yang harus diselesaikan oleh peserta terdiri atas kuis dengan pertanyaan-pertanyaan melalui video streaming di aplikasi Youtube. Selain itu ada juga games yang memanfaatkan platform media sosial lainnya seperti Spotify, Instagram, dan Netflix. Jenis tantangannya meliputi aktivitas digital untuk menguji kualitas jaringan setelah dilakukan fiberisasi. Semua jenis tantangan mengharuskan peserta untuk mengakses layanan data dengan kapasitas besar seperti streaming, mengunduh, mengunggah, dan memainkan games.
Dengan mengundang para tokoh yang memiliki pengaruh kuat di media sosial atau yang biasa disebut sebagai key opinion leader (KOL), XL Axiata sekaligus berusaha menunjukkan dan meyakinkan masyarakat luas bahwa upaya terus menerus akan dilakukan guna memenuhi ekspektasi pelanggan atas kualitas layanan data yang mampu mendukung aktivitas produktif mereka. Ke-10 penggiat social media yang akan menjadi peserta “DigiRace Palembang 2019” adalah Sesa Eryka, Wiguna Wimma, Dian Soediri, Nick, Lia Damayanti, Ari Anggara, Yani Azziran, Gumilar Darmawan, Lisa Anggra dan Fadhlan. Selama di Palembang, mereka mengunjungi Segara Café, Kafe Area 51, Warung Pindang Mbak Dal, Rumah Makan Wong Palembang, Gelora Sriwijaya Stadium, Pempek 888 Taman Kenten, South Station Resto, dan Awarding Night di Kampung Kapitan.
Sebelumnya, kegiatan yang sama telah sukses digelar di 5 kota besar yakni, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar dan Medan pada Maret 2019 dengan diikuti oleh 50 peserta di masing-masing kota dan berhasil mencapai 3.5 juta orang lewat berbagai media sosial dan kanal digital. Diharapkan dengan dilanjutkannya kegiatan ini dapat memberikan lebih banyak masukan sebagai acuan untuk terus melakukan perbaikan dalam rangka menjaga kualitas layanan XL Axiata di masa mendatang. (*)
Teks: ilham
Editor: maya