BKPM Tawarkan Proyek 91,1 Miliar Dolar AS ke China

Swarnanews.co.id-Jakarta, 03/12 /2019- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menawarkan investasi 28 proyek yang masuk dalam skema Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) senilai 91,1 miliar dolar AS kepada investor di Kota Chongqing, Provinsi Sichuan, China, Senin (2/12).

“Ini peluang yang baik bagi investor di sini (Chongqing). Sebab, Indonesia saat ini mengembangkan BRI,” kata Deputi Perencanaan Investasi BKPM Ikmal Lukman dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Ia menyampaikan hal tersebut di hadapan 100 pengusaha dan investor di Provinsi Chongqing, China, pada Indonesia-China (Chongqing) Business Forum on Trade, Tourism, and Investment, yang digelar oleh Kedutaan Besar Indonesia di Beijing dan Kementerian Perdagangan.

BACA JUGA  Diminta Mundur Dari Ketua MUI, Ma'ruf Amin Percepat Munas

Ikmal mengatakan, peluang investasi tersebut tersebar di Sumatera Utara sebesar 17,3 miliar dolar AS, Sulawesi Utara 2,6 miliar dolar AS, Kalimantan Utara 41,6 miliar dolar AS dan sebesar 8 miliar dolar AS di Bali.

“Nilai ini belum termasuk sebanyak delapan proyek yang tidak masuk dalam koridor BRI,” ujar Lukman.

Dari 28 proyek investasi itu, tiga proyek diantaranya tersebar di pariwisata dan kawasan industri di Sulawesi Utara dan satu proyek pengembangan Tech Park di Bali.

BACA JUGA  Sriwijaya Air-Nam Air Dalam Pengawasan Ketat

Ikmal meyakini investasi China akan tumbuh dengan baik ke depan, terkebih kedua negara bekerja sama membangun dalam konteks BRI.

Investasi China di Indonesia masuk ke sektor sekunder metal elektronika, kelistrikan, gas, air, transportasi, pergudangan, dan telekomunikasi. Investasi China diharapkan juga kian meluas hingga ke luar Pulau Jawa, khususnya, seperti investasi baterai untuk mobil listrik di Morowali, Sulawesi Tengah.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait