Pentaque Mulai Jadi Olahraga Favorit di OKU

Swarnanews.co.id-Baturaja, 03/12 /2019- Olahraga Petanque atau permainan melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu saat ini mulai dikembangkan oleh pegiat olahraga di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan agar lebih dikenal masyarakat luas.

“Dalam olahraga petanque terdapat single men, single women, double men, doublen women, double mix, triple men, triple women, triple mix atau satu putri, dua putra atau sebaliknya, shooting men dan shooting women,” kata salah seorang atlet petanque Ogan Komering Ulu (OKU) Adhe Oktaria Bustomi di Baturaja, Selasa.

Ia mengakui Petanque ini tergolong baru didirikan oleh beberapa orang guru olahraga di wilayah setempat, antara lain Ilham Adhamy dan Ahmad Dahrius Oganda yang telah mendirikan Baturaja Petanque Club.

BACA JUGA  Kesbangpol OKU Gelar Pembinaan Terhadap 124 Ormas dan LSM

Dalam olahraga petanque ini, kata dia, tidak memerlukan banyak biaya dan dapat dimainkan oleh semua kalangan secara menyenangkan di tanah lapang atau rerumputan berukuran 4×15 meter.

Secara teknis, olahraga tersebut lebih mengedepankan akurasi, strategi dan feeling dari para pemainnya.

“Petanque dimainkan dengan menggunakan hitungan waktu satu jam. Pemenangnya adalah tim yang paling banyak mendapat skor. Selain menggunakan durasi waktu, tim yang paling cepat mendapat skor 13 akan menjadi pemenang,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Kabupaten Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten OKU Yunizir Djakfar mengemukakan saat ini pihaknya gencar mengenalkan dan menyosialisasikan Petanque kepada masyarakat Kota Baturaja.

BACA JUGA  OKU Tebar Ratusan Bibit Ikan Mas

“Pengurus Kabupaten FOPI OKU ini baru dikukuhkan November 2019. Program kerja kami dalam waktu dekat ini akan melakukan audiensi bersama Bupati OKU, Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olahraga setempat,” ucapnya.

Tujuan audiensi ini, lanjut Yunizir, guna meminta bantuan kepada pihak terkait untuk menyosialisasikan Petanque kepada masyarakat luas di Kabupaten OKU.

“Dalam waktu dekat ini kami juga akan mengadakan even simulasi dengan mengajak semua warga Baturaja dalam rangka mengenalkan Petanque,” ujarnya.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait