DPRD OI Jaring Aspirasi Masyarakat Lewat Reses II

SWARNANEWS.CO.ID, OGAN ILIR | Anggota DPRD kabupaten Ogan Ilir Dapil V Kecamatan Tanjung Batu dan Payaraman melakukan Reses II di akhir tahun 2019.

Acara tersebut dihadiri oleh lima anggota DPRD kabupaten Ogan Ilir, H Kosasi, SKM, MM dari fraksi partai Golkar, Zainab, S.Pd dari fraksi partai PDI, Arif Fahlevi dari fraksi partai Nasdem, Arham Fadoli dari fraksi partai Berkarya dan Sonedi Ariansyah, S.Sos I dari fraksi partai Demokrat.

Hadir pula Camat Kecamatan Payaraman Drs H A Toriq dan lurah payaraman Barat dan Timur serta Kepala Desa sekecamatan Payaraman dan para ketua Badan Permusyawaran Desa.

Meskipun diguyur hujan deras dan sesekali terdengar suara petir tak mengurangi semangat masyarakat menyampaikan aspirasi, keluhan dan persoalan yang mereka alami dengan jalan dialogis dan interaktif.

Penguatan kapasitas badan permusyawarat desa (BPD) berupa pelatihan-pelatihan adalah salah satu aspirasi yang terjaring yang disampaikan Arif mewakili seluruh BPD sekecamatan Payaraman.

“Kami yang baru saja dilantik ini masih minim pengetahuan soal bagaimana menjalani tugas dan fungsi, utamanya pembuatan pruduk hukum di desa. Oleh itu kami usulkan agar pemerintahan kabupaten mengaloasikan anggaran untuk peningkatan kapasitas BPD sekabupaten,” ungkapnya.

Politisi Partai Demokrat Sonedi Ariansyah, S Sos I, SH  membenarkan hal tersebut.

“Bagaimana mungkin BPD bisa bertindak sebagai mitra sekaligus memjalankan fungsi  pengawasan kalau mereka tidak dibekali dengan penguatan-penguatan terutama terkait pengelolaan dana desa  yang nilainya cukup pantastis,” pungkasnya.

H Kosasi SKM,MM Komisi I DPRD OI menyambut baik dan positif atas usulan soal pemberdayan.

“Pada prinsifnya kami setuju, saya dari komisi I akan membawa aspirasi tersebut ke badan anggaran untuk dibicarakan,” tandas politisi partai Golangan Karya saat dikonfirmasi via telephone.

Teks : Eric/Arif
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *