Angkutan Natal-Tahun Baru, KAI Divre III Palembang Siapkan 2.874 Tiket Perhari

Terjual 73 Persen

 

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Mengawali kegiatan posko angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020, PT KAI (Persero) Divre III Palembang melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Stasiun Kertapati. Tahun ini, KAI menetapkan masa Angkutan Nataru 2019/2020 selama 18 hari, mulai 19 Desember 2019 sampai dengan 5 Januari 2020. Sebanyak 2.874 tiket disiapkan perhari.

Posko Nataru ini ini disiapkan di semua stasiun keberangkatan penumpang KA. Bertujuan membantu masyarakat dalam menggunakan jasa kereta api, agar dapat lebih terlayani dengan baik. Deputi Executive Vice President Divisi Regional III Palembang Waroso menyampaikan, selama masa angkutan Nataru, seluruh pegawai KAI dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan menangguhkan cuti tahunan sampai selesai masa Posko Angkutan Nataru.

Selain itu untuk memberikan rasa nyaman serta aman penumpang kereta api, PT KAI Divre III menerjunkan sebanyak 498 personel keamanan gabungan. Terdiri dari personel POM TNI, Brimob, Polsuka dan Security Stasiun. Selain itu, KAI juga menyiagakan Penjaga Jalan Lintas (PJL) Ekstra 68 orang, dan 29 petugas posko daerah rawan untuk memantau apabila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa (PLH) yang menghambat perjalanan KA. Selain itu dalam mengantisipasi bencana longsor/ amblas, dan banjir, PT KAI Divre III menyiapkan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di sejumlah titik yang rawan.

Waroso berharap kepada masyarakat meskipun jumlah Penjaga Jalan Lintas ditingkatkan, PT KAI dengan tegas mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tetap mematuhi rambu- rambu saat akan melintasi pelintasan sebidang.

BACA JUGA  Asyikya Berbagi Pengalaman Bersama Swarna News

Pada masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PT KAI Divre III menyiapkan 2.874 tiket perhari dengan total 51.732 tiket. Pada tanggal 21 Desember 2019, dan 3 Januari 2020 diperkirakan tanggal favorit masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api. Ketersediaan Tiket sampai rilis ini disampaikan, Senin (30/12/2019), dari total dari 51.723 tiket telah terjual 37.844 tiket atau 73 persen.

Dijelaskan untuk Kereta Api Sriwijaya dengan rute Kertapati – Tanjungkarang untuk semua tanggal masih tersedia dengan okupansi rata-rata 40%, Kereta api Sindang Marga rute Kertapati – Lubuklinggau dan Lubuk Linggau – Kertapati memiliki rata-rata okupansi 25 %. Sedangkan untuk Kereta Api Ekonomi Rajabasa dari Stasiun Kertapati-Tanjung Karang dari tanggal 19 Des – 5 Jan okupansinya sudah 100%, serta Kereta api Serelo rute Kertapati – Lubuklinggau dan Lubuklinggau – Kertapati okupansi mencapai 100 % untuk tanggal 19 Des – 5 Jan. Mayarakat dapat melakukan pemesanan tiket di seluruh channel resmi penjualan tiket kereta api, antara lain aplikasi ponsel resmi KAI yakni KAI Access, situs kai.id, Contact Center 121/ (021) 121, loket, maupun channel eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI seperti gerai minimarket, Traveloka, Tiket.com, Tokopedia, agen resmi dll.

PT KAI Divre III juga menghimbau kepada calon penumpang untuk tidak memakai perhiasan yang mencolok dan membawa barang bawaan yang berlebihan, karena untuk kenyamanan penumpang ada ketentuan baru yang harus diperhatikan penumpang, yaitu terkait berat barang bawaan.

BACA JUGA  Sosialisasi Asian Games Goes to School

PT KAI membatasi barang bawaan masing-masing penumpang maksimal 20 kg atau dimensi barang tidak lebih dari 100 dm3 (70x48x30 cm). Karena apabila terjadi kelebihan bagasi, masing-masing penumpang akan dikenakan biaya angkut tambahan. Besarnya biaya tambahan adalah Rp10.000 bagi penumpang kelas eksekutif, Rp6.000 bagi penumpang kelas bisnis dan Rp2000 bagi penumpang kelas ekonomi.

Untuk operasional LRT Sumsel selama masa angkutan Nataru 2019/2020, GM LRT Sumsel, Sofan Hidayah menjelaskan beroperasi jam 06.00 sampai dengan jam 20.25 setiap hari nya dengan 74 perjalanan. Waktu tempuh yang sudah dipangkas dari Stasiun DJKA – Stasiun Bandara menjadi 47 menit dan jarak antar kereta (headway) 18 menit. Diperkirakan pada tanggal 25, 29, 31 Desember 2019 dan 1 Januari 2019 sebagai tanggal favorit masyarakat untuk menggunakan jasa LRT Sumsel. Kesiapan petugas baik itu selama dalam perjalanan LRT dan petugas posko di stasiun-stasiun LRT termasuk petugas pemeriksaan sarana prasarana di lapangan akan dimaksimalkan sebagai bentuk pelayanan kepada pengguna jasa LRT. Kami berharap masyarakat akan merasa nyaman dan aman selama menggunakan jasa transportasi LRT, tutup Sofan. (*)

 

Teks: rilis

Editor: maya

 

 

 

 

 

Bila kurang jelas dapat menghubungi Manager Humas Divisi Regional III Palembang Aida Suryanti email : humasda.divre3pg@kai.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait