DKP Jajaki Pengembangan Seni Budaya Palembang

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Dewan Kesenian Palembang (DKP) mengajak pengurus dan awak media mengobrol santai dalam program pengembangan seni tradisi budaya yang selama ini terpendam di Kota Palembang, sekaligus bersilaturahmi.

Dimana, DKP terbagi dalam 6 komite yang tergabung didalam kepengurusan diantaranya seni musik, sastra, tari, film, teater, dan seni rupa.

“Kami sengaja berkumpul supaya momentum ini dimanfaatkan. Harapan DKP semoga semua kegiatan, konsep, ide serta gagasan oleh teman-teman di pengurusan dapat bersinergi dengan banyak pihak terutama Pemerintah Kota Palembang dan semua stakeholder juga pelaku seni serta seniman lainnya,” kata Iqbal Rudianto selaku ketua DKP periode 2019-2024, di De Burry Cafe, Selasa (31/12/2019).

Adapun program-program yang sudah disiapkan nantinya akan dikumpulkan dari teman-teman komite. Hari ini adalah bentuk konsolidasi dengan pengurus inti ketua komite di pengurusan DKP.

Disamping itu, program-program kedepan tentunya akan memulai suatu program yang memang bermanfaat dan bersifat untuk melestarikan dan mengembangkan tradisi kebudayaan di Kota Palembang.

BACA JUGA  Gubernur Realisasikan Perda Gambut

Kesenian itu apa yang bisa dilakukan dari masukan semua komite yang di obrolkan tadi, semuanya akan dimasukkan dalam program. Kedepan, DKP bisa didukung rekan-rekan media untuk menyampaikan semua kegiatan dan aktivitas agar kesenian Palembang bisa bangun kembali.

” Saya berharap kesenian Palembang bukan hanya tanggung jawab DKP dan Pemkot Palembang melainkan tanggung jawab bersama untuk melestarikan serta mengembangkan budaya tradisi yang ada,” ucap Didi sapaan akrabnya.

Selain itu, momentum ini sebagai langkah awal untuk menuju DKP Kota Palembang lima tahun kedepan.

Sa’id, ketua komite seni tari, meminta di support agar berkembang terutama seni tari di Sumsel. Sekaligus diberikan ruang untuk bisa berekspresi apa sebenarnya seni tari Palembang itu sebenarnya.

BACA JUGA  Walhi Desak Stop Izin Perkebunan Baru

“Jangan hanya sekedar menari lalu selesai. Tapi bagaimana kita meracik supaya masyarakat itu terkesan dan tertarik untuk menikmatinya dan digemari,” kata ketua komite Seni Tari DKP.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Zanariah mengatakan, bahwa Pemkot akan mensupport kegiatan DKP serta mengawal. Tapi dibalik itu bukan hanya sekedar mengawal, namun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan mengayomi serta membina.

Program yang akan di canangkan dinas kebudayaan Kota Palembang sekarang ini sedang menunggu dari DKP itu sendiri kegiatan apa yang akan mereka lakukan.

“Sementara ini Pemkot akan melihat dulu bagaimana mereka berkiprah, apakah serius atau hanya sekedar ecek-ecek. Jika mereka serius, maka Pemkot Palembang akan serius juga membina dan mensupport seluruh kegiatan termasuk dalam pendanaan untuk dianggarkan,” jelasnya.

Teks : Iwan
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait