Deru Warning Para Komisaris BUMD Fokus Pengawasan Kinerja Bukan Lainya

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Sebagai lembaga pengawas dan kontrol, komisaris utama harus memahami terlebih dahulu tupoksinya seperti apa, agar jangan sampai mereka terlalu masuk dalam teknis perusahaan untuk ikut campur tangan di dalamnya.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumsel H Herman Deru usai melantik Komisaris Utama PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Komisaris utama PT Penjaminan Kredit Daerah Sumsel, Komisaris Independen PT Penjaminan Kredit Daerah Sumsel dan Komisaris Independen PT Bank Perkreditan Rakyat Sumsel, di Gedung Bina Praja Pemprov Sumsel, Jumat (3/1/2020).

loading...

Menurut HD, tugas komisaris utama itu hanya mengawasi kinerja mereka seperti apa. Orientasinya supaya keuntung nya lebih besar.

“Tadi saya bilang, jangan aman di zona aman. Ancamannya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB), jika ada pengawas tapi tidak ada peningkatan seperti tingkat kepatuhan, omzet menjadi berkurang, itu akan menjadi kontrol saya sebagai pemilik pemegang saham pengendali. Pasti akan diancam dengan RUPS-LB,” tegas HD.

BACA JUGA  Doa Bersama Satgas Karhutla untuk Sumsel

Sementara itu, Eddy Junaidi, Komisaris utama PT Bank Pembangunan Daerah Sumsel Babel yang baru dilantik menyampaikan, akan melihat konsolidasi kedalam program-program yang akan di buat terutama menyangkut untuk di tahun 2020.

Sesuai kata Pak Gubernur tadi bahwasanya komisaris itu sebagai pengawasan. Apa yang di buat dan direncanakan oleh direksi, nantinya akan di evaluasi. Apakah kegiatan kegiatan itu sudah sesuai dengan konsep-konsep yang di buat.

BACA JUGA  Waspadai Pangan Kadaluarsa Saat Musim Nyetok

“Konsep itu tentunya dibuat sesuai hasil evaluasi di tahun-tahun yang lalu. Jadi kalau ada kelemahan akan diperbaiki. Harapan Pak Gubernur memang dengan adanya komisaris itu tentunya lebih meningkatkan efektivitas kerja dan hasil dari dewan direksi,” katanya.

Untuk percepatan peningkatan uang di daerah, analisanya harus konsilidasi kedalam dulu seperti apa nantinya. Karena itu sebagai modal yang dilakukan untuk tugas-tugas kedepannya.

“Jika sekarang sudah jelas tugas dari komisaris itu untuk melakukan pengawasan secara aktif dalam rangka mendukung visi misi Bank Sumsel Babel untuk menjadi bank terkemuka, terpercaya, berkinerja unggul serta memberikan dampak bagi pembangunan ekonomi masyarakat Sumsel,” tandasnya.

Teks : Iwan
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait