Musim Penghujan PALI Antisipasi DBD

SWARNANEWS.CO.ID, PALI | Memasuki musim penghujan penyakit Demam Berdarah (DBD) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) cukup tinggi tepatnya di Kecamatan Talang Ubi juga enam Kelurahan serta Kecamatan Penukal Utara Desa Tempirai oleh karena itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PALI menghimbau kepada masyarakat agar dapat menjaga lingkungannya tetap bersih, Senin (06/01/19).

Sebelumnya DinkesKabupaten PALI sudah membuat surat edaran himbauan waspada demam berdarah ke seluruh OPD,Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

“Kita sudah menyebarkan surat edaran waspada DBD isi surat tersebut mengaharapkan kepada masyarakat untuk melaksanakan Menguras Menutup Mengubur, Menghindari gigitan nyamuk dengan memakai kelambu mengoleskan Autan atau di singkat dengan 3M+,”Jelas Plt. Kepala Dinas Kesehatan M.Mudakir,SKM.

BACA JUGA  PALI Gelar Lomba ' Bersenjang' Lestarikan Budaya

Lanjut Mudzakir juga berharap kepada pemerintah setempat untuk melakukan gotong royong membersihkan lingkungan nya.

“Kita berharap kepada Lurah atau Kepala Desa agar dapat melakukan gotong royong bersama masyarakat membersihkan lingkungan sekitar,” harapnya.

Mudakir menambahkan untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas maupun Bidan Desa sudah disiapkan bubuk Abate, kegunaan bubuk ini untuk mengatasi jentik-jentik yang terdapat pada bak penampungan air yang belum sempat dikuras bisa di beri bubuk Abate.

BACA JUGA  Kursus Pengelolaan Dewan Kerja Pramuka PALI Berlangsung Sukses

“Bubuk abate ini sudah di siapkan di puskesmas dan bidan desa kepada masyarakat jika yang mempunyai bak penampung air yang tidak ingin dikuras maka bisa di beri bubuk abate ini bisa mengambil secara geratis di puskes dan bidan desa serta kita sudah mendistribusikan RDT fungsinya untuk memgetahui apakah positif DBD apa bukan secara cepat, jadi tes pemeriksaan secara cepat dengan mengambil sampel darah,” pungkasnya.

Teks : Sangkut
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait