Air Bersih di Sugihan Jadi Bahasan Komisi V DPR RI dengan BBPWS

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Keluhan warga Airsugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), mendapat tanggapan serius dari anggota Komisi V DPR RI, Ir.H. Ishak Mekki, MM. Saat reses beberpa waktu lalu, Ishak menerima aspirasi dari sejulah warga dari kawasan tersebut yang mengeluhkan belum tersedianya saran air bersih untuk masyarakat di sana.

Menurut warga, mereka terpaksa harus menyuling sendiri atas menampung air hujan untuk kebutuhan minum dan memasak. Sementara sumber air baik dari jalur-jalur, maupun primer, skunder bahkan sumur, rasanya asin dan tidak dapat diolah untuk dijadikan air minum.

Kondisi ini menurut warga sudah berlangsung sejak lama bahwa sejak kawasan tersebut dibuka puluhan tahun silam. Itulah sebabnya ketika Ishak Mekki yang juga mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel ini menerima aspirasi tersebut dari warga, dia segera menindaklanjutinya dengan mengusungnya ke mitra kerja terkait dalam hal ini, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel (BPPWS) di Palembang.

Di kunjungan silaturahminya dalam rangka mengakhri reses masa sidang I/2019-2020, Rabu (8/1-2019) ke BPPWS, Ishak Mekki membawa sejumlah usul yang diperolehnya selama reses terkait bidang tugas BPPWS. Di antaranya adalah usul mengenai penyediaan air bersih dengan membangun Perusahaan Air Minum (PAM) di kawasan Airsugihan.

Kepada pihak BPPWS, Ishak berharap kiranya apa yang menjadi susul warga ini yang diserapnya selama masa reses kiranya dapat ditindaklanjuti oleh mitra terkait. ”Saya berharap sekali kiranya mitra kerja terkait, dalam hal ini pihak BPPWS dapat menindaklanjuti aspirasi warga yang saya bawa

ini,” kata Ishak dalam sambutannya saat berkunjung ke BPPWS yang berlokasi di Jalan Rambutan Palembang.

Ishak juga menjelaskan, bahwa kunjungan yang dilakukannya ini merupakan rangkaian dari kunungan silaturahminya ke mitra-mitra kerja terkait komisinya mengakhiri reses. Di antara mitra kerja terkait yang dikunjungi adalah, Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII (BBWSS VIII), Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V (BBPJN V), SNVT Perumahan Sumsel dan Balai Perhubungan Sumsel.

Menanggapi apa yang disampaikan Ishak Mekki tersebut, Kepala BPPWS, Achmad Irawan Kusuma, didampingi segenap pejabat dan stafnya, secara serius mengatakan bahwa pihaknya segera menindaklanjuti apa yang menjadi usul, temuan yang disampaikan melalui anggota DPR RI, Ishak Mekki.

Menurutnya, dia segera memerintahkan staf dan jajaran terkaitnya segera turun ke lapangan untuk mengecek dan mendata apa yang menjadi aspirasi atau usul tersebut, apalagi yang terkait dengan kebutuhan dan hajat masyarakat banyak seperti air bersih.

“Untuk penyediaan sarana air bersih di kawasan Airsugihan tersebut, kami segera turun ke lokasi guna mengecek dan mendata kelayakan pembangunannya di sana pak,” tegas Achmad Irawan Kusuma semangat.

Dia juga mengatakan akan segera berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI dan mitranya Dinas PU Cipta Karya OKI. Terhadap usul-usul lain yang terkait program Kemeterian PUPR seperti Program Infrastruktur Sosial Ekonom Wilayah (PISEW), Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dan sebagainya, yang melibatkan Komisi V DPR RI, dia mengungkapkan, tengah bersiap karena keputusan menteri dalam waktu dekat segera turun.

Teks : Ril
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait