Unma Kupas Efisiensi Efektivitas Penyelesaian Sengketa Bisnis melalui Jalur Arbitrase

SWARNANEWS.CO.ID, MAJALENGKA | Universitas Majalengka (Unma) terus meningkatkan kapabilitas keilmuan para lulusan dan civitas academica melalui gelar Seminar Nasional dengan Tema ‘Mencapai Efisiensi dan Efektivitas Penyelesaian Sengketa Bisnis melalui Arbitrase ( di Luar Pengadilan )’ menghadirkan pembicara kondang para pakar Arbitrase dari BANI Bandung. Advokat H. Kuswara S. Taryono,S.H.,M.H., Penasehat BANI Bandung. dan Dr. H. Jafar Sidik,S.H.,M.H.,MKn.,FCBArb. Wakil Ketua BANI Bandung, Sekjen IArbI, Arbiter BANI dan yang juga Dosen Pascasarjana UNLA Bandung, di Kampus Unma (8/1/2020).

Ketua Panitia Seminar Nasional, Rani Dewi,S.H.,M.H., mengungkapkan, Seminar Nasional dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan memperingati Dies Natalis Fakultas Hukum yang ke-9 (sembilan) diikuti lebih dari 300 orang peserta yang terdiri dari Civitas Academica UNMA, Pejabat Pemerintah juga para Pelaku Usaha di Majalengka, sekaligus menjadi penguatan keilmuan memperkenalkan sistem penyelesaian sengketa di luar jalur pengadilan (arbitrase).

Dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Majalengka (YPPM) Prof.Dr. H.A. Yunus,Drs.,S.H.,MBA.,MSi. menceritakan, riwayat perjalanan panjang pendirian Sekolah Tinggi Hukum hingga terbentuknya Fakultas Hukum Universitas Majalengka yang sekarang sudah memperingati Dies Natalis yang ke-9.

Sebagai Ketua YPPM, ia sangat mendukung penuh kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum, diharapkan mampu menelurkan para pakar hukum bidang masing masing untuk bisa bersaing di era yang semakin komplek kemajuanya dalam segala bidang.

Rektor Universitas Majalengka Prof.Dr.Ir. H. Sutarman,MSc, selain membuka acara seminar nasional, juga menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UNMA ini, dalam rangka Dies Natalis yang ke-9.

Dalam kesempatan ini diharapkan adanya sinergi berkelanjutan antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai pencetak Para Pelaku Bisnis dan Fakultas Hukum selaku pencetak Penyelesaian Sengketa.

Kurikulum Pendidikan Fakultas Hukum tidak boleh tertinggal oleh perkembangan politik hukum bisnis saat ini dalam undang-undang.

Misalnya UU No.2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Peraturan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Peraturan Lainnya dalam bidang Hukum Bisnis.

Dekan Fakultas Hukum UNMA Dr. H.Otong Syuhada,S.H.,M.H. mengemukakan, kegiatan seminar ini merupakan tindak lanjut dari MoU dan kerjasama antara UNMA dengan BANI Perwakilan Bandung yang telah ditandatangani pada Oktober 2019.

Ia berharap ada banyak ilmu dan pengetahuan bisa ditindaklanjuti untuk mengokohkan keilmuan bagi mahasiswa dan civitas akademik juga audience secara umum.

Keseriusan peserta tampak sejak awal seminar ini digelar tak satu peserta pun terlihat meninggalkan ruangan dan tetap mengikuti kegiatan ini hingga acara selesai.

Sudah diketahui, pendirian lembaga Arbitrase BANI Tahun 1977 diprakarsai oleh KADIN sebelum lahirnya UU No.30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesan Sengketa memang patut diacungi jempol.

Bagaimanapun juga, memahami falsafah dan teori arbitrase sifatnya wajib, dimana ini merupakan pemberdayaan individu untuk bekerjasama dalam menyelesaikan masalah.

Dalam pelaksanaanya terdapat banyak prinsip-prinsip dan doktrin-doktrin arbitrase yang telah diadopsi dalam UU No.30 Tahun 1999, seperti putusan final dan binding (mengikat) serta mempunyai kekuatan hukum mengikat, confidentiality (rahasia), separability (terpisah), competenze (kewenangan), impartial (independent, tidak memihak), non-publikasi, non-konfrontatif, choice of law, choice of procedures, dan lainya yang wajib dipahami oleh para pihak yang bersengketa, berselisih berbeda pendapat. Termasuk bagi lawyer (advokat), dan pihak lain yang ikut terlibat dalam arbitrase.

BANI Arbitration Center juga ada kantor di Jakarta, Jalan Mampang Prapatan Raya No.2 dan memiliki Kantor Perwakilan di Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Jambi, Pontianak, Bali Nusa Tenggara (Bali Nusra). (*)

Teks : Ril
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait