Pembuang Sampah di Sungai Musi Didenda Rp 50 juta Plus Kurungan

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Akibat membuang sampah sembarangan berupa kulit durian di sungai Musi dari Jembatan Musi IV Palembang, empat orang diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Palembang melalui laporan Dinas Perhubungan Kota. Mereka dikenakan karungan 3 bulan dengan denda Rp. 50 juta.

Empat orang tersebut bernama Hepri pemilik angkot jurusan sayangan, Haris seorang sopir, dan Agus Heriyanto (13 Ilir) sebagai pelaku di bantu Ade Rio(1 Ilir) sebagai kenek.

Menurut informasi pelaku telah melakukan pembuangan sampah ini baru pertama kalinya, dengan upah sebesar Rp 50 ribu dari Ajis juragan durian di Pasar Kuto, karena tertangkap kamera CCTV dan viral di media sosial.

“Tadi, pelaku telah dihadirkan dan mengakui kesalahan-kesalahan yang dilakukannya. Pelaku tertangkap tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB, di Pasar Lemabang,” kata Kasat Pol PP Kota Palembang, GA Putra Jaya, di temui di ruangannya, Senin (13/1/2020).

Untuk pelaku dikenakan Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2015 tentang pengelolaan sampah dan Pasal 55 tentang pelarangan membuang sampah sembarangan.

“Setiap badan ataupun perorangan dilarang membuang sampah tidak pada tempatnya. Apabila melanggar dikenakan sanksi berupa kurungan 3 bulan penjara dan denda sebesar Rp 50 juta,” ujarnya

Dihimbau bagi masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan ini progres dari Pemkot Palembang melalui program gotong royong kebersihan.

Kedepan, Sat Pol PP Kota Palembang akan mobile memantau setiap daerah untuk menghimbau supaya tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini dilakukan guna membentuk kesadaran bagi masyarakat.

Untuk langkah-langkah selanjutnya bagi pelaku yang tertangkap, Sat Pol PP Kota Palembang akan melakukan tindak pidana ringan dan denda.

“Kita lakukan sebagai efek jera bagi pelaku dan masyarakat lainnya di Kota Palembang yang membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Sementara itu, pelaku pembuang sampah, Agus Heriyanto (31 tahun) menyesal telah melakukan ini. Saya berharap supaya masyarakat Kota Palembang lainnya agar jangan membuang sampah sembarangan, buanglah pada tempatnya,” tuntasnya

Teks : Iwan
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait