PMI Bergerak ke Wilayah Rentan Berdampak Bencana

SWARNANEWS.CO.ID, SEKAYU | Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Musi Banyuasin bergerak Cepat untuk melaksanakan dan  Membantu Pemerintah dalam Penanggulangan Bencana. Dengan diterjunkan nya Tim Rescue PMI Muba kelokasi Rawan Bencana Banjir dan Tanah Longsor Kab.Muba tahun 2020 diharapkan bisa mengantisipasi hal hal tidak diinginkan.

Demikian disampaikan Ketua PMI MUBA Beni Hernedi Melalui Ketua Bidang Bencana Akhmad Fanfani Syafri, Rabu (15/01/2020).

Fanfani menjelaskan bahwa tim tersebut diturunkan pada tahap Siaga Darurat ini adalah Melakukan Pemantauan lokasi rawan bencana Banjir dan tanah longsor,   selain itu tim ini juga melakukan  pendataan terhadap masyarakat dari kelompok rentan  yang berada  dilokasi rawan bencana.

“Ya, PMI selaku instansi yang diakui dunia melalui konvensi Jenewa tahun 1949 bertugas melaksanakan dan membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, dalam hal ini mulai melakukan  pemantauan dan  pendataan kelompok rentan. ini nanti nya akan dijadikan dasar Bagi Pmi muba dalam melakukan pertolongan, bantuan,  dan kegiatan darurat lainnya  apabila nanti terjadi keadaan  tanggap darurat dan transisi darurat demi kemanuisaan, ungkapnya,” uangkapnya.

dirinya menambahkan  bahwa mengacu kepada undang undang no 1 th 2018 tentang kepalangmerahan dan UU No 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, bahwa kelompok rentan bencana adalah mulai dari balita, ibu hamil, ibu menyusui, manula, wanita dan difabel.

Ini menjadi fokus PMI muba dalam rangka penanggulangan bencana selain operasi Kemanusiaan lainnya, pungkasnya.

Teks : Ril/Malaka
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait