Kita Tetaplah Berdoa Meski Allah SWT Belum Kabulkan Doa Kita

Allah SWT memiliki maksud tertentu saat belum mengambulkan doa kita.

SWARNANEWS.CO.ID |Doa adalah cermin dari keinginan yang sangat kuat. Wajar saja jika manusia mengharapkan sesuatu dari Allah SWT sebab Allah Mahakaya dan Mahaberwenang dalam segala hal. Percayalah, doa merupakan ibadah yang pasti bermanfaat untuk siapa saja yang melakukannya.

Mungkin sebagian kita sudah rajin dalam berdoa, tetapi doa yang dipanjatkan juga belum disambut harapan oleh Allah SWT.

Kenyataan ini jangan sampai membuat kita lelah dan putus asa dalam berdoa, karena bisa jadi Allah hanya ingin hambanya lebih gigih lagi dan lebih dekat lagi dengan diri-Nya.

Allah SWT berfirman dalam surah al-Mukmin : 60, “Dan, Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

BACA JUGA  Islam akan Membumi di Swedia

Jadi, jangan pernah menyepelekan berdoa kepada Allah. Sebab, doa memiliki potensi besar untuk merubah segalanya. Doa juga merupakan senjata bagi orang mukmin, karena doa dapat mengubah sesuatu yang baik menjadi lebih baik.

Dikutip dari buku Amalan-Amalan Cespleng Cepat Bisa Haji/Umrah karya Khalifi Elyas Bahar, doa merupakan bagian dari ibadah sebagaimana bermaktub dalam surah Al-Baqarah :186.

“Dan, apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepdamu tentang Aku, maka (jawaban) bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia memohon kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku), dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Selain itu, berdoa dapat mendekatkan diri kita kepada Allah, atau biasa disebut dengan taqarrub kepada Allah. Minatalah apa saja yang kita inginkan kepada Allah. Dengan berdoa, kita menjadi sadar bahwa kita sangat bergantung kepada-Nya dan selalu membutuhkan-Nya.

BACA JUGA  Kehidupan dan Kematian

Berdoa pun adalah sebuah upaya untuk menunjukkan jati diri di hadapan Allah SWT. Cermin seorang Mukmin sejati adalah meyakini bahwa tidak ada yang dapat memberikan pertolongan kepada kita selain Allah SWT.

Dia pasti akan mengabulkan doa dan meninggikan derajat kita di hadapan-Nya. Seorang hamba yang memiliki sekian banyak dosa pun akan terhapus degan doa yang dipanjatkan. Bahkan, doa dapat menjadi senjata ampuh untuk menghadang takdir buruku yang akan menimpa kita.

Jadi, sudah seberapa sering kita berdoa kepada Allah? Intinya, dalam setiap doa, kita harus selalu berbaik sangka, yaitu berprasangka baik terhadap Allah SWT.

Teks: Rep

Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait