Kanwil DJP Sumsel Babel Targetkan Penerimaan Tumbuh 10 Persen

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung tahun ini, menargetkan penerimaan pajak bisa tumbuh minimal 10 persen. Salah satu sektor yang akan dioptimalkan adalah UMKM.

Kepala Kantor Perwakilan Ditjen Pajak Sumsel dan Babel, Imam Arifin mengatakan, sektor UMKM sebetulnya memiliki potensi sangat bagus, namun selama ini belum terlalu optimal. Makanya sosialisasi dan peningkatan pemahaman perpajakan akan ditingkatkan.

“Tahun lalu kita bisa tumbuh sangat bagus di atas 17 persen. Makanya tahun ini jika bisa tumbuh 10 persen juga sangat bagus. Sebab, kondisi ekonomi sekarang tidak terlalu bagus,” jelasnya.

BACA JUGA  Wajib Pajak Harus Cek Suhu Tubuh, Saat ke Kantor Pajak

Tahun lalu, ada beberapa faktor yang bisa mendorong optimalisasi penerimaan pajak seperti perjanjian kerjasama melalui KSWP. join program dengan Ditjen Bea dan Cukai serta pemerintah daerah.

“Tahun ini hal itu akan kami teruskan dan kita tingkatkan. Selain itu akan ada beberapa program lain yang akan kami gencarkan. Salah satunya pengembangam UMKM melalui program Business Development Service,” terang dia.

BACA JUGA  Menjawab Tantangan Bonus Demografi

Business Development Services (BDS) adalah kegiatan pelatihan dan pembinaan terhadap para pelaku UKM dengan memberikan materi yang berisi cara-cara yang mendorong perkembangan usaha para pelaku UKM dan materi terkait perpajakan untuk meningkatkan kepatuhan perpajakan.

Para Pelaku UKM sudah dilibatkan di berbagai macam kegiatan Kanwil seperti bazar, pameran dan berbagai kegiatan lain. “Jika UMKM kita bisa tumbuh bagus, tentu secara jangka panjang akan berimplikasi terhadap penerimaan pajak.” (*)

 

Teks: Ilham
Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait