Warga Optimis Wisata Air Tebar Lempaung Berkembang

SWARNANEWS.CO.ID, LAHAT | Warga Desa Gedung Agung, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat optimis wisata air tebat Lempaung bakal berkembang ke depan. Hal ini lantaran warga antusias dan bergotong royong membersihkan tebat lempaung.

Tak hanya itu, lokasi tebat juga strategis berada di pinggir jalan Lintas Sumatera, Lahat- Muara Enim. Serta dukungan dari Kodim 0405 serta Bupati Lahat.

Bupati bersama Dandim 0405 dan Polres Lahat, ikut bersama warta bergotong royong membersihkan kawasan tebat tersebut.

Selain gotong royong, juga digelar pelepasan 10 ribu ikan Nila dan penanaman pohon bantuan dari pihak Kodim 0405 Lahat.

Kepala Dinas Pariwisata Lahat, Safrani Cikmin menambahkan, pihaknya mendukung dan merespon kegiatan positif tersebut.

“Karena dari dampak wisata bisa membentuk ekonomi kreatif dan memberdayakan serta mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Staf khusus Bupati Bidang Pariwisata dan Ekonomi Krratif, Mario Andramarik mengungkapkan, banyak potensi yang bisa dibuat di sekitar tebat.

“Seperti agro wisata buah duku, dan wisata edukasi bagaimana pembuatan batu bata. Sehingga dari pariwisata bisa mendapatkan pemasukan bagi daerah untuk kemakmuran masyarakat,” katanya.

Dandim 0405 Lahat, Letkol Kav Sungudi melalui Danramil 405- 02 Merapi, Kapten Inf Sudiyono menjelaskan, pihaknya mendukung kegiatan tersebut.

“Bantuan benih ikan dan pohon, menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap upaya masyarakat desa untuk mengembangkan wisata Tebat Lempaung,” ujarnya.

Ketua Pok Darwis Tebat Lempaung, Abdul Azis (34) menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan persiapan-persiapan guna membangun wisata Air Tebat Lempaung.

“Rencananya ke depan bakal digelar lomba bidar mini. Sementara untuk wisata air nantinya akan dibangun wisata pemancingan, flying fox, jogging track dan lainnya,” katanya.

Tak hanya wisata air, budaya nanggol bersama yang biasa dilakukan di Tebat juga akan tetap digelar. Bahkan secara rutin dan lebih semarak nantinya.

Teks : Jumra
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *