Akibat Hujan Deras Semalaman, Tanah Longsor dan Jalan Rusak

SWARNANEWS.CO.ID0, LAHAT | Akibat guyuran hujan deras sejak pukul 04.00 wib dini hari tadi, Jumat (07/02/2020), wilayah kelurahan Pagar Agung RT2 RW2 samping masjid Al-Muttaqin terjadi longsor. Selain itu jalan penghubung Kabupaten Lahat dengan Kabupaten Empat Lawang nyaris putus.

Akibat kejadian tersebut satu rumah warga setempat nyaris tertimbun tanah longsor, dan ada juga beberapa rumah warga tertimpa batang pohon yang roboh.

Dari pantauan awak media terlihat beberapa petugas BPBD Kabupaten Lahat bersama warga setempat bekerja keras bersama-sama membersihkan lokasi longsor tersebut.

Toni warga setempat mengatakan,  longsor tersebut terjadi akibat guyuran hujan deras sejak malam. “Alhamdulillah, untuk korban jiwa belum ada. Tapi ada satu rumah warga nyaris tertimbun tumpukan tanah longsor,” ujar Toni.

Dikatakan Okta, anggota BPBD Lahat yang turut ke lokasi kejadian, sampai pukul 11.30 WIB Jumat (7/2/2020), warga dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lahat telah membersihkan pohon yang tumbang serta mengeruk tanah yang telah menimbun dinding rumah milik warga.

Demi keamanan warga di sekitar lonsor, Ketua RT Setempat menghimbau supaya para warga yang rumahnya terkena dampak longsor untuk mengungsi ke tempat aman terlebih dahulu. “Kami menghimbau agar para warga yang rumahnya terkena musibah lonsor untuk sementara mengungsi dulu ke tempat yang lebih aman. Sebab, ditakutkan longsor susulan akan terjadi, mengingat curah hujan masih cukup tinggi,” ujar Otong, Ketua RT 2 Pagar Agung. (*)

 

Teks: Jumra
Editor: maya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *