Bupati Bangka Himbau Lapor SPT dengan e-Filing

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Sumsel dan Babel mulai melakukan pekan panutan pajak untuk mengajak masyarakat selaku wajib pajak untuk melakukan pelaporan SPT tahunan.

Pekan panutan pertama dilakuian di Bangka dengan menggandeng pemerintah daerah. Bupati Bangka Mulkan membuka langsung pekan panutan pelaporan SPT Tahunan Kabupaten Bangka (Kamis,13/02).

Mulkan menegaskan, pantun adalah tradisi budaya yang harus dijaga, dikembangkan, dan dilestarikan. Pantun memberikan ciri khas masyarakat Melayu dan alat perekat berbagai suku di Indonesia, serta taat pada aturan. Taat aturan tersebut sejalan juga dengan taat melaporkan pajak, tambahnya.

“Dengan kemudahan pelaporan tersebut, Imam berharap kepatuhan masyarakat untuk melaporkan pajaknya bisa meningkat. Peningkatan kepatuhan tersebut juga didukung oleh kerjasama dan kordinasi yang telah terjalin dengan baik antara Ditjen Pajak dan Pemerintah Kabupaten Bangka, lanjut Imam,” kata Imam.

BACA JUGA  Wartawan Media Online, Antara Profesionalisme dan Misi Kenabian

Imam menambahkan bahwa pajak mempunyai arti sangat penting bagi pembangunan negara, termasuk di Sungailiat, baik pembangunan infrastrukturnya maupun peningkatan kualitas SDMnya. Hal tersebut diakui oleh Bupati Bangka Mulkan. Untuk itulah Mulkan hadir pagi itu beserta dengan segenap pimpinan daerah, antara lain: Forkopimda, pimpinan OPD, pimpinan unit instansi vertikal, dan pimpinan perbankan di Kabupaten Bangka, untuk memberikan contoh kepada masyarakat sekaligus himbauan untuk segera melaporkan SPT-nya.

Secara khusus, Mulkan menghimbau masyarakat untuk melaporkan SPTnya dengan e-filing. Sebagai panutan, seluruh ASN di Pemerintah Kabupaten diwajibkan untuk melaporkan SPTnya lewat e-filing. Hal tersebut juga sejalan dengan digitalisasi administrasi pemerintah Kabupaten Bangka, seperti: aplikasi kependudukan, laporan masyarakat, dan lain sebagainya. Mulkan ingin dengan upaya digitalisasi tersebut, masyarakat dapat merasakan kemudahan pelayanan dan mendapatkan pelayanan prima.

BACA JUGA  Terorisme Bukan Jihad

Selain peningkatan pelayanan, Mulkan juga tak lupa memberikan penghargaan bagi masyarakat yang telah melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara, termasuk membayar dan melaporkan pajaknya tepat waktu. Di acara pekan panutan tersebut, enam orang warga Sungailiat diundang untuk menerima penghargaan tersebut langsung dari Bupati Bangka Mulkan dan Kepala Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel Imam Arifin. (*)

Teks: ilham

Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait