Wakil Bupati Banyuasin Dorong Bentuk Forum DAS

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Wakil Bupati Banyuasin yang sering dipanggil Pak De (Slamet Sumosentono), mendorong Dinas yang terkait bersama LSM untuk membentuk Forum Daerah Aliran Sungai (DAS). Hal ini sebagai upaya pelestarian sekaligus menjaga ekosistem aliran sungai yang ada di Banyuasin, Jumat (14/02/2020).

Pernyataan tersebut disampaikan Pak De Slamet, ketika Rapat Persiapan Forum DAS kabupaten di Ruang Rapat Bupati.

“Forum ini nantinya akan menjadi mitra Kabupaten Banyuasin untuk mengelola, menjaga dan mengawasi, kawasan DAS. Nantinya forum ini akan diisi para akademisi, pejabat teknis, tokoh masyarakat, aktivis penggiat lingkungan dan pecinta Lingkungan Hidup,” kata Pak De Slamet.

Dikatakannya, Forum DAS dinilai penting dibentuk di Kabupaten Banyuasin
Pasalnya di Banyuasin banyak sekali kawasan DAS yang mulai beralih menjadi perkebunan dan pertanian. Namun hal tersebut tetap bisa menjadi perhatian khusus forum ini agar bisa tetap menjaga ekosistem di kawasan DAS. Apalagi, Pemerintah Provinsi juga bisa membantu penanganan daerah aliran sungai melalui kegiatan Forum DAS.

BACA JUGA  PJ Kades Pagar Bulan, Aktifkan Kantor Desa Setiap Jam Kerja

“Melalui forum ini, kita dapat mengoptimalkan keterlibatan semua pihak dalam pengelolaan DAS di Kabupaten Banyuasin, sehingga kita bisa mewujudkan pengelolaan DAS sebagai satu kesatuan ekosistem dari hulu sampai hilir,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Forum DAS ini nantinya akan mengawasi kawasan DAS agar tidak dirusak. Pasalnya jika kawasan DAS dirusak maka akan ada ekosistem di kawasan tersebut yang akan rusak seperti longsor, banjir bandang, dan lainnya.

“Jika DAS tidak dikelola dan diawasi secara intensif maka dikhawatirkan akan rusak. Pasalnya kemajuan pembangunan bisa mengancam kawasan DAS itu sendiri,” tegasnya lagi.

Namun bagi kawasan DAS yang memang sudah beralih fungsi menjadi kawasan perkebunan dan pertanian, maka bentuk pengawasan juga berbeda. Yaitu dengan cara mengawasi agar sungai yang ada di kawasan tersebut jangan di membuat aliran sungai menjadi terhambat.

BACA JUGA  Ustad Maulana Pukau Ribuan Ibu-Ibu

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Isromaita sangat mengapresiasi usulan tersebut. Bahkan, pihaknya meminta syarat dan regulasi agar Forum DAS ini bisa dibentuk dan secara resmi bisa dikukuhkan.

“Saya sangat setuju pembantukan Forum DAS di Kabupaten Banyuasin. Pasalnya jika forum tersebut terbentuk maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuasin akan terbantu dalam tugas pengawasan kawasan DAS itu sendiri,” kata Isro.

Apalagi, kata dia, kawasan Kabupaten Banyuasin dengan rawa dan sungai maka kondisi hutan dan aliran sungai harus terjaga. Diharapkan, melalui forum yang diisi semua elemen ini bisa bekerjasama mengatasi itu. (*)
Teks: Nasir
Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait