150 Unsur FKPD Rakor Sensus Penduduk Tahun 2020

SWARNANEWS.CO.ID, BATURAJA | Sekretaris Daerah OKU membuka Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Kabupaten OKU bertempat di Hotel BIL Baturaja, Selasa (18/02/2020).

Kegiatan rapat koordinasi ini, merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan salah satu dari tujuh tahap proses pengumpulan data sensus penduduk 2020 yaitu koordinasi dan konsolidasi yang di ikuti 150 peserta terdiri dari unsur forum komunikasi pimpinan daerah Kab OKU dan Jajaran Pemkab OKU.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) OKU Ir. Budiriyanto, M.A.P mengatakan setelah selesai pertemuan ini, peserta dapat menyampaikan dan mengajak kepada staf dan rekan- rekan kerja melalukan pengisian sensus penduduk online, baik bersama-sama maupun perorangan.

Sensus penduduk 2020 dilaksanakan dalam dua periode. Periode pertama adalah sensus penduduk online dimulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Sedangkan periode kedua sensus penduduk wawancara akan dilaksanakan tanggal 1 sampai 31 Juli 2020.

BACA JUGA  Demokrat Belum Buka Penjaringan Balon di OKU

Mengingat pentingnya data kependudukan hasil sensus penduduk 2020 ini nanti, mengharapkan dukungan Bupati selaku kepala daerah untuk mengajak seluruh komponen masyarakat OKU memberikan dukungan atas suksesnya sensus penduduk 2020.

Sementara itu Bupati diwakili Sekda OKU Dr Drs Ir H Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH, mengatakan pemerintah telah menerbitkan Perpres No 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia yang bertujuan untuk mengatasi perbedaan data yang terjadi selama ini, termasuk data penduduk.

Pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini memiliki banyak manfaat bagi setiap orang, seperti pemerintah, dunia usaha, peneliti, akademisi, ormas, jurnalistik, dan banyak pihak lainnya.

“Seperti kita ketahui perencanaan pembangunan, antara lain bidang pendidikan memerlukan dukungan data penduduk yang akurat, termasuk bidang lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA  Bupati Ajak Masyarakat Bangkit Untuk Bersatu

Lanjut Sekda, data sensus penduduk yang akan dilaksanakan nanti sampai pada tingkatan administrasi terkecil seperti kelurahan, RW, RT hingga ke desa-desa.

Mengingat pentingnya data kependudukan hasil sensus penduduk 2020 ini nanti, untuk itu Sekda mengajak seluruh komponen masyarakat Kab OKU, mulai dari pimpinan instansi vertikal, perguruan tinggi, ormas, komunitas atau perkumpulan yang ada di Kab OKU bersama-sama mengawal dan memberi dukungan demi suksesnya sensus penduduk 2020.

“Khusus kepada para Camat, penyelenggaraan Rakorcam SP 2020, diharapkan bersama-sama kepala desa beserta perangkatnya untuk melakukan pengisian sensus penduduk online ini,” jelasnya.

Teks : Vandea
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait