Ketika Nabi Muhammad Mengenakan Sandal Bertambal

Hadits mengenai sandal Nabi Muhammad.

SWARNANEWS.CO.ID, |Dalam buku Mengenal Pribadi Agung Nabi Muhammad oleh Imam At-Tirmidzi, Muhammad bin Basyar bercerita kepada kami, Abu Dawud bercerita kepada kami, Hammam bercerita kepada kami, dari Qatadah, ia berkata, “Aku pernah bertanya kepada Anas bin Malik, ‘Bagaimana bentuk sandal Rasulullah?’ Anas bin Malik menjawab, “Sepasang sandal beliau menggunakan dua tali qibal (tali sandal yang disatukan ujungnya dan terjepit di antara dua jari kaki).” Sandal Rasulullah, Abu Bakar dan Umar menggunakan dua tali qibal. Utsman yang pertama kali menggunakan sandal dengan satu ikatan.

Ahmad bin Mani’ dan Ya’qub bin Ibrahim bercerita kepada kami, Abu Ahmad az-Zubairi memberitahukan kepada kami, Isa bin Thahman memberitahukan kepada kami, “Suatu ketika Anas bin Malik memperlihatkan kepada kami sepasang sandal yang gundul, tak berbulu, yang memiliki dua qibal. Kemudian Tsabit menceritakan kepadaku dari Anas, bahwa kedua sandal itu adalah milik Rasulullah.”

Ahmad bin Mani’ bercerita kepada kami, Abu Ahmad bercerita kepada kami, Sufyan memberitahukan kepada kami, dari As-Saddi, ia berkata, seseorang yang mendengar dari Amru bin Huraits bercerita kepadaku, ia berkata, “Saya melihat Rasulullah shalat dengan memakai sepasang sandal yang berlubang atau bertambal.”

Ishaq bin Musa bercerita kepada kami, Ma’an memberitahukan kepada kami, Malik memberitahukan kepada kami, dari Abu Az-Zubair, dari Jabir, “Nabi Muhammad melarang seseorang makan dengan tangan kiri atau berjalan dengan satu sandal.”

Nabi Muhammad pernah mengatakan jika salah seorang diantara kalian memakai sandal, maka mulailah dari yang kanan dan jika melepas maka mulailah dari yang kiri. Jadikanlah kaki kanan terlebih dahulu memakai sandal dan yang terakhir melepasnya. Rasulullah selalu mendahulukan anggota bagian kanan semampu yang beliau lakukan saat bersisir, memakai sandal, dan saat bersuci.

BACA JUGA  Hikmah Nuzulul Quran: Sesuaikan Perilaku dengan Alquran

Teks: Rep

Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait