Medco Kepakkan Bantuan untuk Pengembangan Usaha Mikro

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG, 27/2 /2020 | PT Medco Energi Internasional Tbk wilayah kerja di Provinsi Sumatera Selatan pada 2020 mulai membantu masyarakat sekitar area operasi dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Manager Community Relation & Enhancement South Sumatra Region Himawan Eko Prabowo di Palembang, Kamis, mengatakan, pengembangan sektor UMKM ini dinilai lebih tepat sasaran untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat karena berhubungan langsung dengan ekonomi kerakyatan.

“Perusahaan kami selama bertahun-tahun telah membantu masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya, terutama di bidang pertanian. Tapi, setelah kami analisa ternyata mereka agak kesulitan mencari pasarnya, sehingga tahun ini kami mulai membantu pengembangan UMKM,” kata Himawan dalam acara Edukasi Media 2020.

Ia mengatakan pengembangan sektor UMKM ini juga sejalan dengan program pemerintah, yang mana bertujuan menaikkan taraf hidup masyarakat.

Medco dalam kaitan pengembangan sektor UMKM ini akan memulai dengan memberdayakan para ibu-ibu di sekitar wilayah kerja untuk pembuatan produk kuliner.

Dalam pengembangannya, Medco akan melakukan riset terlebih dahulu agar potensi lokal yang berbasis kearifan di masyarakat ini benar-benar tergali.

Hal ini, ia melanjutkan, karena Medco berkeinginan kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat memiliki keberlangsungan dan keberlanjutan hingga puluhan tahun.

“Kami tidak tahu sampai kapan berada di wilayah kerja tertentu, jika cadangan migasnya habis tentunya kami akan beralih ke tempat lain. Namun, kami berharap apa yang sudah kami lakukan ini dapat terus berlanjut,” kata dia.

Sebelumnya, Medco memiliki beberapa program tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) untuk membantu masyarakat, mulai dari pertanian organik, pembudidayaan madu hutan, pengelolaan tanaman obat keluarga dan perkebunan karet organik.

Dalam menjalankan program tersebut, Medco melakukan pendampingan hingga penguatan SDM.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait