BBPOM Audit 126 Sarana Restoran

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG, 02/3 /2020 | Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang, Sumatera Selatan pada tahun 2020 ini mengaudit 126 sarana restoran untuk menjamin produk yang dihasilkan layak dikonsumsi.

Untuk melakukan audit itu, diturunkan tim mengecek dapur restoran yang ada di Kota Palembang dan sejumlah daerah di Sumsel lainnya, kata Kepala BBPOM Palembang, Hardaningsih di Palembang, Senin.

Berdasarkan hasil audit, secara umum sarana restoran telah memenuhi persyaratan kesehatan dan keamanan dalam proses mengolah dan memasak makanan sehingga layak dikonsumsi masyarakat atau pelanggan.

BACA JUGA  Yonif Kodam II Sriwijaya Bagi-bagi Bahan Pokok

Kelayakan makanan yang diproduksi dan beredar untuk masyarakat umum akan terus dilakukan pengawasan secara ketat, sehingga masyarakat terhindar dari makanan yang tidak layak dikonsumsi karena diproses dengan alat dapur yang kurang baik dan bahan tambahan yang mengandung zat kimia berbahaya bagi kesehatan, katanya.

Selain melakukan audit restoran, pihaknya juga berupaya melakukan penempelan stiker pangan aman di restoran, sejumlah toko makanan dan penjualan cendera mata atau pusat oleh-oleh di Palembang.

BACA JUGA  Herman Deru Ajak Kalangan Akademisi Kembalikan Sumsel Lumbung Pangan

“Kami melaksanakan pemeriksaan pemetaan kuliner di toko oleh-oleh dan melakukan pemeriksaan pengamanan pangan terhadap produk yang dijual dengan menggunakan tes kit formalin, boraks, rhodamin B dan methanil yellow.” ujarnya.

Melalui upaya tersebut Kepala BBPOM Palembang, Hardaningsih berharap bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat/konsumen yang akan menikmati makanan restoran dan berbelanja pangan di pusat oleh-oleh makanan khas daerah.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait