Batukuning OKU Masih Kekeringan

SWARNANEWS.CO.ID, BATURAJA, 04/3 /2020 | Sebagian besar warga di Kelurahan Batukuning, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan kesulitan mendapat air bersih karena sumber air dari PDAM di tidak mengalir sejak beberapa hari terakhir.

“Sejak empat hari terakhir saluran air bersih dari PDAM tidak mengalir sama sekali,” kata Fitri salah seorang warga Perumahan Baturaja Residen, Kelurahan Batukuning, Ogan Komering Ulu (OKU) di Baturaja, Rabu.

Menurut dia, sumber air yang selama ini dialiri oleh perusahaan daerah tersebut sejak empat hari terakhir tidak mengalir sehingga warga terpaksa merogoh kocek untuk membeli air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami terpaksa membeli dengan cara patungan bersama warga lainnya dengan harga Rp60.000 untuk setiap 2 ribu liter air bersih dari jasa penjualnya,” katanya.

BACA JUGA  Kreatifitas Pemuda Cemara, Butuh Uluran Tangan

Ia berharap, saluran air bersih dari PDAM kembali lancar mengalir ke pipa pelanggan agar warga tidak kesulitan lagi mendapat air untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kalaupun informasi yang beredar memang ada perbaikan jaringan dari PDAM, kami berharap pengerjaannya segera diselesaikan,” harapnya.

Sementara itu, Kabag Tehnik PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU, Asril secara terpisah mengaku untuk meningkatkan kualitas air bersih pelanggan pihaknya melakukan penggantian Ponton Intake di Unit Pengelolaan Kelurahan Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat.

“Pengerjaan penggantian Ponton Intake itu dilaksanakan selama empat hari sejak 2 Maret hingga hari ini,” katanya.

BACA JUGA  OKU Terapkan Karantina 14 Hari Bagi Warga Datang ke OKU

Dijelaskan dia, tujuan penggantian Ponton Intake ini agar hasil produksi air bersih yang dihasilkan lebih optimal sehingga air yang disalurkan menjadi lebih maksimal.

“Dengan maksimalnya penyaluran air maka kebutuhan masyarakat terhadap air bersih dapat diterpenuhi dengan baik oleh PDAM Tirta Raja,” ujarnya.

Asril mengakui, dalam proses pengerjaan penggantian Ponton Intake tersebut pihaknya terpaksa menghentikan sementara distribusi air kepada para pelanggan khususnya yang ada di daerah Unit Pengolah Batukuning.

“Sekarang masih dikerjakan oleh petugas kami. Mudah-mudahan sesuai jadwal pengerjaannya sudah rampung sore ini,” ujar dia.

Teks/Editor : Antara/asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait