Dinkes Tingkatkan Kewaspadaan Antisipasi Penyebaran Covid – 19

SWARNANEWS.CO.ID, SEKAYU | Guna meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi penyebaran Novel Corona Virus (Covid – 19), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar rapat koordinasi kesiapsiagaan dan persiapan antisipasi penyebaran covid – 19 di ruang rapat Dinkes Muba, Rabu (04/03/20).

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dinkes Muba dr H Azmi Dariusmansyah, MARS dalam arahannya mengatakan bahwa pada rapat ini ditekankan untuk pemantapan tim dalam melakukan antisipasi terhadap semaraknya isu covid – 19. Yang diharapkan setelah rapat ini dapat menetukan kesepakatan bersama dalam menentukan langkah antisipasi dan peserta rapat dapat menambah ilmu terhadap isu yang berkembang saat ini, sehingga tidak menimbulkan kepanikan pada masyarakat.

Senada dengan itu, dr Povi Pada Indarta Sp.P dalam paparanya menjelaskan virus corona termasuk jenis virus zoonosis yang artinya ia ditularkan dari hewan ke manusia. Setelah itu, barulah transmisinya dari manusia ke manusia. Jadi asal virus corona ini dari hewan yang terinfeksi terlebih dahulu dan ditransmisikan kepada manusia.

BACA JUGA  Muba Sukses Gelar Kejurda Ranggonang Off-Road Challenge

Lanjutnya, tingkat kematian terkait pneumonia nCov 2-3 % dan sebagian besar pasien yang meninggal adalah pasien usia tua dan penyakit penyerta, untuk itu diharapkan pada masyarakat agar tidak panik tetapi tetap waspada dan kita sebagai tenaga kesehatan terus menghimbau dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjalani pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Seftiani Peratita, SS, M.Kes dalam paparannya menjelaskan bahwa upaya-upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan dan jajaranya yakni menyebarkan surat edaran Bupati Musi Banyuasin tentang kesiapsiagaan dalam upaya penyebaran penyakit pneumonia dari Negara China ke Indonesia yang sekarang dikenal dengan nama covid – 19, melakukan koordinasi dengan Dinkes Provinsi Sumsel melalui seksi surveilans dan imunisasi Dinkes Provinsi tentang pemantauan dan karantina kesehatan terkait penyebaran Covid – 19 di Kabupaten Muba.

BACA JUGA  Danau Siarak Jadi Saksi Dodi 'Nangkul' Bareng Warga Muba

Lanjutnya, melakukan koordinasi langsung dengan lintas sektor terkait pemantauan kepulangan mahasiswa asal kabupaten Muba dan juga masyarakat yang berkunjung ke negara yang dikonfirmasi adanya penyebaran covid – 19 dan melaksanakan pemantauan 14 hari ke masyarakat yang berkunjung ke negara yang terjangkit covid – 19 oleh petugas puskesmas diwilayah asal serta melaporkan hasil pemantauan dari investigasi ke atasan dan pihak terkait.

Hadir juga pada rapat koordinasi ini Sekretaris Dinkes Muba dr. Arios Saplis, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Muba Mgs. Syarif Toyib, SP, SKM, MM, para Kasi dan Kasubbag di Dinkes Muba, Kepala Puskesmas di wilayah Kabupaten Muba dan Perwakilan dari Rumah Sakit Sekayu, Sungai Lilin serta Bayung Lencir.

Teks : Ril/Malaka
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait