Gubernur Pastikan Belum Ada Warga Sumsel Terjangkit Corona

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG, 04/3 /2020 | Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memastikan belum ada satu pun warganya yang positif terkena virus corona meski rumah sakit setempat sempat mengisolasi seorang pria, Selasa (3/2).

“Sampai sekarang, saya masih berani bilang belum ada yang indikasi terserang corona, baik yang datang dari luar Sumsel maupun masyarakat di sini,” kata Herman Deru.

Namun demikian, kata dia, pemerintah daerah mulai dari jajaran provinsi, kabupaten/kota, hingga tingkat desa di daerah itu tetap waspada terhadap virus Covid-19 itu.

“Kesiagaan itu bukan karena ada serangan wabah tertentu saja, tetapi kami harus selalu waspada,” kata dia.

Ia menjelaskan kewaspadaan tersebut dapat terlihat mulai dari pengawasan di Bandara Internasional SMB II Palembang, yang merupakan pintu utama kedatangan dari luar negeri di daerah itu.

BACA JUGA  Tuduh Pilwako Cacat Hukum dan Harus Dibatalkan

Menurutnya, pihak bandara hingga kini terus menggunakan alat pengukur suhu tubuh (thermal scanner) di setiap gerbang keberangkatan maupun kedatangan penumpang.

“Pengawasan di bandara diperketat, ada isu virus atau tidak bandara tetap siaga untuk ukur suhu tubuh,” kata dia.

Gubernur pun meminta masyarakat agar tidak gaduh dan menjadikan wabah Corona menjadi bahan obrolan baik, terutama sosial media mengingat kondisi itu cenderung berpotensi menimbulkan hoax.

“Sumsel itu belum ada, yang ada tanda-tanda mendekati indikasi bahwa ini suspect corona, panas tinggi dan batuk. Akan tetapi itu belum bisa dikatakan pasti corona, tunggu hasil laboratorium,” kata dia.

BACA JUGA  Go Public, Iwapi Sumsel Gandeng BEI

SebelumnyaRumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin Palembang membenarkan kembali mengisolasi seorang pasien yang dirujuk Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin1 II.

Pria berinisial M berusia 64 tahun tersebut diterima RSMH Palembang dengan gejala demam tinggi di atas 38 derajat celcius, batuk dan sesak nafas disertai catatan diagnosa Mers / COVID-19 dari KKP Palembang. Pria tersebut diketahui merupakan warga Kecamatan Gunung Ibul Kota Prabumulih. Ia diperiksa petugas KKP memeriksanya dengan alat dan seragam khusus seperti penindakan pasien corona umumnya, kemudian ia dirujuk ke RSMH Palembang pukul 14.10 WIB.

TEKS/EDITOR : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait