FKIP Unsri Gelar Pilmapres M Dany Juara Pertama

SWARNANEWS.CO.ID, INDRALAYA | Setelah melalui perjuangan yang gigih tahap demi tahap Muhamad Dani dari Prodi Fisika FKIP Unsri berhasil menjadi Juara I pada Pemilihan Mahasiswa Prestasi (Pilmapres) yang digelar di ruangan Dekanat FKIP Unsri di Indralaya, Kamis (5/3/2020).

Pimpinan FKIP Unsri, Dewan Juri dan panitia foto bersama.

Pengumuman kejuaraan tersebut berlangsung sore hari yang dihadiri oleh Dekan FKIP Prof.Sofendi MA,PhD yang juga diwakili oleh Wakil DekanIII FKIP Unsri Dr. RiswanJaenuddinMPd. Hadir juga Ketua Panitia Pilmapres ErlinaSPd,MPd,M.Ed yang bertindak membacakan hasil penilaian Dewan Juri.

Juara ketiga ditempati Chintya Maharani ProdiBahasa Inggris.Sementara JuaraII atau Runner up Diki Wahyudi dari Prodi Sejarah.

Dekan FKIP Unsri Prof. Sofendi MA,PhD pada sambutannya saat membuka acara tersebut mengemukakan, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Tujuannya untuk mengembangkan potensipeserta didik (mahasiswa) agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Selain itu mereka diharapkan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

“Sedangkan FKIP Unsri sebagai perguruan tinggi secara terus-menerus mengembangkan iklim akademis yang demokratis agar dapat mendukung pelaksanaan proses pembelajaran yang mengarahkan mahasiswa menjadi insan cerdas, komprehensif, dan kompetitif,” jelasnya.

Pimpinan FKIP Unsri, Dewan Juri dan panitia foto bersama

Untuk itu, mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas untuk mengembangkan soft skillsnya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab dan gigih. Kemampuan ini dapat diperoleh mahasiswa melalui pembekalan secara formal dalam kurikulum pembelajaran, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Namun, tidak semua mahasiswa mau dan mampu untuk menjadi pembelajar yang sukses, acapkali mahasiswa dengan nilai akademik yang tinggi tidak memanfaatkan peluang untuk menggunakan waktunya dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler.

BACA JUGA  272 Siswa Ikuti Training ESQ Hadapi Industri 4.0

Sebaliknya mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan kegiatan pengembangansoft skilltidak memperoleh nilai akademik yang tinggi. Sementara itu, dalam era persaingan bebas dibutuhkan lulusan yang memiliki hard skill dan soft skill yang seimbang. Olehkarenanya di Perguruantinggi perlu diidentifikasi mahasiswa yang dapat melakukan keduanya dan yang terbaik perlu diberi penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi.

“Maka dari itu, kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas tahap pemilihan ini dinilai penting untuk diadakan sebagai motivasi dan tahap pembelajaran mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dengan prestasi yang diukir,” harapnya.

Erlina saat ditemui di sela kegiatan mengemukakan, peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut sebanyak 23 mahasiswa mahasiswi berbagai prodi yang terdapoat diFKIPUnsri. Sedangkan bertindak sebagai pengarah kegiatan tersebut Prof.DR. Ir. H AnisSaggaf, MSCE. Dr. dr. H.M. Zulkarnain, M.Med.,Sc.PKK dan . Prof. Sofendi, M.A.,Ph.D. Sedangkan PenanggungJawab : Dr. RiswanJaenudin, M.Pd. (WD III FKIP Unsri). Ketua : Erlina, S.Pd.,M.Pd., M.Ed,Sekretaris : TrikoraAstuti, S.Sos dengan anggota Ir Mardisal, Drs. Djunaidi, M.S.L.S, Tomasno, S.Pd., M.Si, Akman, S.H.,M.H.Zulama, HendraEko Jaya Putra, Edi Harjo, DestrianiDewiPuspita. Sedangkan Pembimbing Mawapres: Sari Silvhiany, S.Pd., M.Pd., M.A., Ph.D, Dr. Mgs. Muhammad Tibrani, M.Si., Dr. Hudaidah, S.Pd.,M.Pd. Sedangkan posisi penting sebagai Juriyakni Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si, Dr. Rita Inderawati, M.Pd, Drs. KodriMadang, M.Si., Ph.D serta Imam Ammarullah ST.

Peserta dibagi dalam kelompok Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Pada saat paparan dalam bahasa Indonesia dengan Juri, Kodri dan Imam tampil Ego,M Danny, Bima Satria, Yani Sahendra dan Chintya Maharani. Sedangkan saat Bahasa Inggris dengan Juri Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si, Dr. Rita Inderawati, M.Pd, tampil Andre Agasi, Anisa Latifa, Ratu Mutiara, Raisya Novita, Riki Wahyudi dan Wahyu Pratiwi.

BACA JUGA  Ahmad Najib Lantik 19 IKA Prodi FKIP Unsri

Ego dari Prodi Matematika menguraikan tentang tradisi Ruwahan Tempilang di Bangka. Kodri sebagai memberikan masukan topiknya bagus mengangkat kearifan lokal. Diharapkan ada inovasi dengan keilmuan sehingga metode mendekatkan kearifan local ruwahan Tempilang dapat tertuang dalam game online yang digemari anak muda.

M Dani Pratama dari Prodi Fisika mengupas tentang media untuk membantu pelajaran Fisika untuk orang orang berkebutuhan khusus pengembangan dan mengadaftasi huruf braile.

Kemudian tampil Bima Satria Prodi Bahasa Indonesia yang menguraikan tentang puisi melalui teknologi pendidikan, keterampilan menulis dan media QR Code.

Tampil tak kalah menarik, Yani Sahendra dari BK FKIP Unsri yang menguraikan pemanfaatan Medsos untuk meningkatkan BK bagi mahasiswa.

Kemudian Chyntia Maharani Prodi Economy membahas tentang Kebutuhan Guru Bimbel yang mendorong mahasiswa maju dalam keilmuan dan finansial.

Riswan pada arahannya saat penutupan menyambut baik atas terselenggaranya acara tersebut.

“Bagi yang berhasil harus segera mempersiapkan diri untukikut dalam ajang tingkat universitas,” ujar Dosen Prodi Ekonomi ini.

Sementara yang belum berhasil masih banyak kesempatan untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kualitas diri.

Peserta memperoleh piala, piagam dan uang pembinaan. Acara berlangung khidmat yang ditutup dengan doa dipimpin Zikri.

Teks/Editing: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait