RSUD Bari Ikut Siapkan Tim Khusus Tangani COVID-19

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG, 08/3 /2020 | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bari Palembang, Sumatera Selatan menyiapkan tim dan ruangan khusus untuk menangani pasien yang diduga suspect virus corona baru (Covid 19).

Jika ada pasien yang datang dengan keluhan ciri-ciri sakit akibat virus corona akan ditangani di ruangan isolasi oleh tim khusus, kata Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Bari, Asmar Dwi Agustine di Palembang, Minggu.

Gejala awal yang dikenali terduga terjangkit Covid 19 seperti demam, batuk dan muntah, kesulitan bernafas, serta mempunyai riwayat pernah bepergian dari luar negeri, terutama dari Tiongkok.

BACA JUGA  Tiga Jabatan Pamen di Kodam II/SWJ Disertijab

Jika ada pasien dengan keluhan tersebut akan langsung ditangani tim dengan tindakan awal membawanya ke ruang rontgen untuk membuktikan apakah ada pneumonia.

“Kemungkinan besar jika terdapat pneumonia pada pasien maka positif terjangkit virus corona,” ujarnya.

Setelah diduga kuat terjangkit Covid 19, langkah selanjutnya, pasien akan dirujuk ke Rumah Sakit dr Mohammad Hoesien (RSMH) Palembang yang ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan Covid 19.

Pasien yang dirujuk ke RSMH akan menjalani rangkaian tes medis seperti pemeriksaan darah untuk memastikan apakah benar positif virus corona.

BACA JUGA  Bulog Sumsel Minim Serap Gabah, Stok Beras di Gudang Tinggal 2 Bulan

Jika dipastikan positif langsung ditangani intensif di ruangan isolasi untuk mencegah kontak dengan pasien lain,”katanya.

Dia menjelaskan, sejak maraknya penyebaran virus corona dari Wuhan, China ke sejumlah negara termasuk Indonesia, hingga saat ini belum ada satupun kasus ditemukan di Kota Palembang.

Dengan kesiapsiagaan petugas medis dan kewaspadaan yang tinggi warga dari ancaman Covid 19 diharapkan dapat dicegah penyebaran virus tersebut di Bumi Sriwijaya ini, kata Asmar.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait