Gubernur Apresiasi Kinerja Ditjen Pajak

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyambut baik diadakannya Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan oleh Gubernur dan Forkopimda Sumsel.

Acara ini sangat berarti bagi masyarakat karena masyarakat menuntut keteladanan para pemimpinnya untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur di aula Kantor Wilayah Ditjen Pajak Sumsel dan Kep. Babel, (Rabu,11/03). Acara tersebut dihadiri juga oleh Wakapolda, Kasdam Sriwijaya, Ketua DPRD, Ketua Kejaksaan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Kepala BPK, pejabat eselon dua instansi vertikal, pimpinan beberapa perguruan tinggi, pimpinan media, tokoh masyarakat, dan beberapa wajib pajak.

Herman Deru juga mengapresiasi kinerja Kemenkeu selama ini. Realisasi penerimaan pajak terus meningkat. Ke depan, Herman berharap penarikan pajak menjadi semakin humanis yang disertai dengan penyampaian pesan kepada masyarakat melalui sosialisasi perpajakan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat.

“Masyarakat butuh pelayanan, juga butuh pembuktian dari pajak yang telah mereka bayar,” katanya.

Bukti tersebut sudah ada, lanjut Herman Deru, di antaranya adalah pembangunan infrastruktur di Sumsel, tren positif penurunan kemiskinan, juga kesempatan kerja yang meningkat, yang ikut ditawarkan oleh banyaknya start-up di Sumsel.

Berdasarkan data APBN tahun 2020 yang dipaparkan oleh Kepala Kanwil Ditjen Pajak Sumsel dan Kep. Babel Imam Arifin, dari Pendapatan Negara yang dianggarkan sebesar Rp 2.233,2 triliun, lebih dari 80%nya atau Rp 1.865,7 triliun berasal dari pajak. Penerimaan Negara tersebut digunakan untuk melaksanakan pembangunan di seluruh daerah melalui dana perimbangan, dana transfer umum, dana transfer khusus dan dana desa.

Target penerimaan pajak Kanwil Ditjen Pajak Sumsel dan Kep. Babel tahun ini adalah sebesar Rp 19 triliun. Untuk mencapai target penerimaan tersebut Imam berharap dukungan dari pimpinan daerah dan masyarakat. Imam berharap kerjasama dengan pemerintah daerah dapat semakin ditingkatkan. (*)

Teks: ilham

Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait