Reses di Kayuagung, Ishak Mekki Sosialisasikan Program Bedah Rumah

SWARNANEWS.CO.ID, KAYUAGUNG | Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Demokrat, Ir.H. Ishak Mekki, MM mensosialisasikan sejumlah program yang diluncurkan oleh Kementerian PUPR selaku mitra kerja Komisi V DPR RI.

Di antara program yang disosialisasikan tersebut adalah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal masyarakat sebagai program bedah rumah.

Menurut Ishak Mekki, dalam program ini, pihak Kementerian PUPR akan melakukan bedah rumah untuk masyarakat yang kurang mampu sebanyak 1000 unit sesuai dengan aspirasi yang dia ajukan.

Ke 1000 unit rumah yang bakal diperbaiki tersebut tersebar di Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

“Insya Allah bulan depan (April) pelaksanaannya segera dimulai,” kata Ishak di hadapan warga saat reses masa persidangan II yang berlangsung di Kota Kayuagung, OKI, Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (18/3/2020).

BACA JUGA  Kades Jangan Merasa Jadi Raja

Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel ini menjelaskan, besarnya biaya stimulan yang bakal diterima masyarakat untuk perbaikan perumahan tersebut sebesar Rp 17,5 juta, yang terdiri dari Rp 15 juta untuk pembelian material dan Rp 2,5 juta diperuntukkan sebagai upah atas perbaikan.

Ishak menambahkan, ke depan, program ini akan terus dilanjutkan. Untuk itu pula dia menyarankan kepada para lurah dan kepala desa agar mendata warganya yang kurang mampu yang masih menempati rumah tidak layak huni untuk diajukan ke Kementerian PUPR melalui dirinya selaku Anggota Komisi V DPR RI.

“Usul yang memenuhi syarat seperti melampirkan copy KK, KTP dan foto rumah yang bersangkutan, insya Allah akan ditindaklanjuti oleh pihak mitra dalam hal ini Kementerian PUPR,” tambah Ishak.

BACA JUGA  Pasca Ramadan, Sampah Menumpuk Dekat Terminal Kayuagung

Di kesempatan temu warga dan konstituen yang terdiri dari para akademisi, para guru, tokoh masyarakat dan Ketua-Ketua RT se Kota Kayuagung itu, selain menjelaskan program BSPS, Ishak Mekki juga memaparkan sejumlah program lainnya yang diluncurkan oleh Kementerian PUPR yang terkait aspirasi dirinya seperti, Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Program Jembatan Untuk Desa (JUDESA) dan Program Peningkatan dan Percepatan Tata Guna Air dan Irigasi (P3TGAI). Mendampingi Ishak Mekki dalam acara reses itu, Wakil Ketua DPRD Sumsel, H. Muchendi Mahzareki, SE, para Tenaga Ahli Anggota DPR RI, H. Zainuddin, ST,MM, Heriyanto. ZA, S.Sos, M.Si dan Agus Hasan, SH.

Teks : Ril
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait