Tol Kayuagung-Palembang-Betung Alternatif Baru Tol Trans Sumatera

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | PT Waskita Sriwijaya Tol “(WST)” telah mengoperasikan seksi 1 Ruas Tol Kayu Agung – Palembang – Betung sejak pukul 7.00 WIB dan belum bertarif. Seksi 1 ruas tol tersebut menghubungkan Kayu Agung – Jakabaring sepanjang 29.39 km termasuk akses simpang susun Kayu Agung.

Pengoperasian ruas tol ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Nomor 302 / KPTS / M / 2020, tertanggal 30 Maret 2020.

WST adalah BUJT yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road (“WTR”) memiliki hak konsesi ruas tol Kayu Agung – Palembang – Betung sepanjang 111,69 Km.

Konstruksi ruas tol ini dimulai sejak bulan Agustus 2016 yang terdiri dari 3 (tiga) seksi, yaitu seksi Kayu Agung – Palembang (Akses Jakabaring) yang dioperasikan non tarif hari ini, seksi Jakabaring –Musillandas dan seksi Musillandas – Betung.

BACA JUGA  Gerindra Dadar Kader-kader Terbaik Pimpin Rakyat 

Ir. Herwidiakto, M. Tech, Direktur Utama WTR sekaligus Direktur Utama WST, mengatakan beroperasinya ruas tol seksi Kayu Agung – Jakabaring memberikan percepatan waktu tempuh dari Kayu Agung menuju Palembang yang sangat signifikan lebih kurang hanya 20 – 30 menit saja dibandingkan jika harus melewati jalan propinsi dengan waktu tempuh lewat lintas timur mencapai lebih dari 2 (dua) jam.

“Adanya jalan tol ini juga akan berdampak pada lalu lintas logistik dan orang dari Palembang menuju kota lain maupun sebaliknya,” ujarnya, Rabu (1/4/2020).

BACA JUGA  REPDEM Save Tito

Selain itu dengan adanya ruas tol ini akan membuka alternatif destinasi baru bagi pengguna jalan tol Trans Sumatera. Ruas Tol tersebut pernah diuji coba saat angkutan Natal dan Tahun Baru, terjadi kepadatan namun masih dapat teratasi.

Untuk seksi 1 (satu) ini belum dibangun rest area, karena tempat beristirahat (rest area) dibangun di ruas tol yang panjangnya 50 Km, kemungkinan akan dibangun bersamaan dengan pembangunan ruas Palembang – Betung.

Peresmian ruas tol ini juga menandakan bertambahnya jumlah ruas tol yang beroperasi milik WTR menjadi 8 Ruas tol.

Teks : rilis /Iwan
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait