Dampak Covid-19, K-SBSI Bagikan Sembako Untuk Anggota dan Buruh di Palembang

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Konferensi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (K-SBSI) Sumsel dan FSB Nirkuba Palembang melalui “Gerakan Ramadhan Berbagi” melakukan pembagian sembako gratis untuk anggota dan buruh di Palembang, bertempat di kantor K-SBSI Sumsel, Jumat (1/5/2020)

Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari gerakan konsen memajukan taraf hidup dan kesejahteraan buruh dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2020.

Bertujuan untuk meringankan beban hidup dan mengurangi pengeluaran anggota dan buruh, meningkatkan kesadaran pimpinan anggota tentang arti penting saling membantu di antara buruh, serta meningkatkan kecintaan anggota dan massa terhadap organisasi KSBSI Sumatera Selatan.

Koordinator Wilayah K-SBSI Sumsel, Ali Hanafiah mengatakan, kegiatan sosial bagi sembako dilakukan bersama teman-teman secara bersepakat karena dampak virus corona, baik itu anggota dan buruh di rumahkan maupun di pemutusan hubungan kerja.

“Alhamdulillah, hari ini pembagian sembako gratis kita serahkan secara simbolis karena tidak bisa di hadirkan secara keseluruhan hanya perwakilan buruh perusahaan,” katanya.

BACA JUGA  Lindungi Anak Pemkot Bentuk Peradilan Anak

Berdasarkan data buruh perusahaan terlampir di K- SBSI Sumsel untuk dibagikan sembako sebanyak 385 paket berisikan beras, terigu, minyak goreng dan mie instan .

“Kriteria dibagikan ini khusus diutamakan buruh karena di PHK, dirumahkan, serta sebagian buruh kerja dan tidak maksudnya kadang bekerja dan tidak,” jelasnya.

Berharap peringatan Mayday 2020, menghimbau pemerintah agar lebih intens memperhatikan kesejahteraan buruh terutama di perusahaan, sosial dialog untuk disampaikan kepada pemimpin perusahaan.

Adapun jumlah sembako dibagikan sebanyak 750 paket sembako yang sudah terdata dalam Perusahaan diantaranya PT. Karya Sawit Lestari Kab. Banyuasin (100 orang), PT. Golden Oilindo Nusantara Kab. Ogan Ilir ( 33 orang), PT. Kenten Jaya Kota palembang (13 orang), PT. Sriwijaya Palm Oil Indonesia Kab. Banyuasin : 17 orang, PT. Interbis Sejahtera Kota Palembang (20 orang), PT. Srikandi Inti Lestari Kab. Banyuasin (11 orang), PT. Mariana Bahagia Kab. Banyuasin : 106 orang, PT. Prasidha Aneka Niaga kota Palembang (30 orang), PT. Sukses Sawit Gasing Kab. Banyuasin (25 orang), PT. Belitang Panen Raya kota Palembang : 10 orang, PT. Tunas Baru Lampung Kab. Banyuasin (13 orang), Buruh Perusahaan, swalayan dan hotel yg tergabung dalam keanggotaan KSBSI Sumsel dan FSB NIKEUBA Kota Palembang (385 orang).

BACA JUGA  Perahu Ketek Musi Dapat Saweran Asian Games

Ketua FSB NIKEUBA Kota Palembang, Hermawan SH kembali menegaskan ada beberapa perusahaan anggota buruh tergabung di K-SBSI yang menerima bantuan sembako. Namun di luar anggota itu masih banyak.

“Berhak menerima itu buruh PHK dan belum memenuhi kebutuhan hak-haknya soal ekonomi, di rumahkan dengan tidak diberikan upah, sebagian kerja dan tidak dengan upah tidak maksimal,” ungkapnya.

“Sistem pembagian sembako dengan cara perwakilan dari DPC, PK serikat datang ke Sekretariat untuk mengambilkan paket sembako dan langsung diantarkan ke anggotanya dor to dor kerumah masing-masing,” pungkasnya.

Teks : Iwan
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait