Baturaja Alami Longsor Batu 25 Ton

SWARNANEWS.CO.ID, BATURAJA, 02/5 /2020 | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, membersihkan longsor bongkahan batu sebesar sekitar 25 ton di Kecamatan Ulu Ogan agar masyarakat setempat dapat beraktivitas kembali seperti biasa.

“Alhamdulillah pembersihan tanah dan bongkahan batu raksasa yang longsor hingga menutup jalan di Kecamatan Ulu Ogan akhirnya selesai pada pukul 15.00 WIB tadi,” kata Kepala BPBD Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristofa di Baturaja, Sabtu.

Dalam pembersihan longsor tersebut, pihaknya menerjunkan puluhan personel dari BPBD setempat guna mengatasi longsor di wilayah setempat.

BACA JUGA  Emak-Emak Deklarasi RGP di Baturaja

“Pembersihan bekas longsor ini juga melibatkan personel dari Danramil Pengandonan,” katanya.

Pembersihan tanah longsor tersebut menggunakan alat berat dari PT Barus Famili guna mengangkut bongkahan batu raksasa yang diprediksi seberat mencapai 25 ton.

“Alhamdulillah saat ini jalan utama di wilayah setempat sudah dapat dilewati masyarakat,” ujarnya.

Puluhan desa di Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten OKU terancam terisolasi akibat adanya tanah longsor yang disebabkan intensitas curah hujan tinggi terjadi di wilayah setempat pada Jumat (1/5) malam.

“Bongkahan batu besar longsor dari atas bukit hingga menutup jalan vital yang biasa dilewati warga di Kecamatan Ulu Ogan,” kata Dapid, salah seorang warga Desa Belandang, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten OKU.
Akibat bongkahan batu besar tersebut menutup jalan poros di Kecamatan Ulu Ogan dari arah simpang Ogan hingga akses perlintasan masyarakat setempat terblokir total.

BACA JUGA  Ditinggal Pergi Rumah Ludes Terbakar

Semula warga yang mau masuk atau keluar kecamatan Ulu Ogan baik menggunakan kendaraan ataupun pejalan kaki hanya bisa lewat dari Simpang Imam. “Alhamdulillah sekarang sudah kembali normal karena bongkahan batu longsor sudah diangkut menggunakan alat berat,” ujar dia.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait