Pembangunan RS Type C Talang Ubi Digeber

SWARNANEWS.CO.ID, PALI | Pemerintah Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) makin sigap melakukan meningkatkan mutu kesehatan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kecamatan Talang Ubi dengan tipe C.lokasi pembangunan Kelurahan Handayani berseberangan dengan Mapolres PALI, Selasa (28/04/20).

Fasilitas bangunan RSUD yakni ruang administrasi, Loby utama, UGD, Poli, Radiologi, Laborstotium, Bank Darah, Ruang OK, HCU, PICU, NICU, ICU, ICC, Rawat Inap, Biasa , VIP, V-VIP.

Ada beberapa tahap pembangunan RSUD Tipe C, tahap pertama pembangunan Inti seperti Gedung, untuk fasilitas lainnya menggunakan tahap lainnya, pekerjaan ini menggunakan APBD melalui Dana Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman.

Dikatakan Hilmansyah Plt Kadin Dinas PU Perkim melalui Kabid Bangunan Junaidi, ST, M. Si, gedung ini sudah hampir 70 persen rampung, akan tetapi banyak tahap – tahapan, untuk melengkapi sarana maupun prasanannya.

BACA JUGA  Pemkab PALI Pasang Sterilisasi Kantor

“Gedung ini saat ini masih proses pembangunan tahap satu, dengan menelan biaya lebih kurang Rp 47 miliar dan masih fokus ke gedung utama. Barulah nanti tahap berikutnya,” ucapnya.

Selain itu juga, setelah rampungnya keseluruhan pembangunan infrastruktur RSUD dapat menjadi rumah sakit rujukan bagi masyarakat yang tingal di kabupaten tetangga.

“Rumah sakit ini merupakan rumah termegah dan memiliki sarana prasana yang cukup lengkap, sebab rumah sakit umum ini mengutamakan pelayanan publik,” tandasnya.

Sementara, Bupati Ir H Heri Amalindo MM mengatakan, bahwa meningkatkan mutu kesehatan memang masuk dalam beberapa prioritas agenda program pembangunan di Kabupaten PALI, yang akan diselesaikan.

BACA JUGA  Bank Mandiri Kembali Cairkan PKH

“Dengan adanya rumah sakit ini, dengan fasilitas dan dokter yang lengkap, maka masyarakat Kabupaten PALI tidak perlu lagi untuk berobat ke kabupaten atau kota lain. Sehingga hal itu bisa memangkas biaya pengeluaran bagi keluarga pasien,” ujarnya.

Tak hanya itu, dengan dibangunkanya rumah sakit ini, dikatakanya jelas akan menambah pemasukan asli daerah (PAD) dan yang paling penting akan mengerakan ekonomi rakyat yang berada di sekitarnya.

“Pembangunan tahun ini merupakan lanjutan. Di tahun ini juga proses pembangunan rumah sakit ini mudah-musahan bisa diselesaikan, dan selanjutnya akan difungsikan dalam melayani masyarakat,” pungkasnya.

Teks : Sangkut /ADV
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait