Pemprov Sumsel Siagakan Tower Penanganan PDP Covid-19 Ringan di ODP Center Jakabaring

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Perkembangan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 ditanggapi serius Pemerintah Provinsi Sumsel. Langkah kerja cepat pun dilakukan agar PDP tersebut dapat segera mendapatkan penanganan.

Salah satunya yakni menyiapkan salah satu tower khusus penanganan PDP di ODP Center Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC). Tower nomor 8 itu, akan dijadikan tempat khusus perawatan PDP Covid19 ringan yang ada di Sumsel.

Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya sebagai Ketua ODP Center Sumsel, meninjau langsung persiapan tower PDP Covid-19 tersebut, Senin (11/5/2020).

Menurut Mawardi, disiapkannya tempat perawatan PDP Covid-19 tersebut merupakan langkah dan upaya Pemprov Sumsel dalam upaya percepatan penanganan Covid-19.

BACA JUGA  Tiga Rumah Sakit Sumsel Turun Kelas

“Ini kita lakukan sebagai langkah antisipasi jika nanti ada PDP ringan yang tidak tertampung lagi di rumah sakit. Kita terus memantau perkembangan Covid-19 di Sumsel ini,” kata Mawardi.

Sejauh ini, lanjutnya, persiapan tower PDP Covid-19 yang dilakukan sudah cukup baik mulai dari kamar, peralatan dan lain sebagainya.

“Jadi jika nantinya meningkat, kita sudah siap. Untuk saat ini PDP masih bisa dilakukan perawatan di rumah sakit,” tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian ODP Center Jakabaring Aufa Syahrizal menjelaskan, penanganan untuk PDP Covid-19 di ODP Center akan berbeda dengan penanganan pasien kategori ODP. Dimana, penanganan ODP akan melibatkan tenaga medis serta alat kesehatan yang lengkap.

BACA JUGA  Halal Bihalal dengan PTBA, Herman Deru Ajak BUMN dan BUMD Bebaskan Generasi dari Buta Aksara Al- Qur’an 

“Tempatnya jauh dengan tempat karantina ODP. Tim medis sudah menyiapkan alat kesehatan yang dibutuhkan. Ruangan isolasi maupun ruangan gawat darurat juga kita siapkan,” terangnya.

Dia mengakui, sejauh ini sudah ada volunteer atau sukarelawan yang disiagakan di tower PDP Covid-19 tersebut.

“Sukarelawan maupun perawat yang memang basicnya tenaga medis sudah siaga disini sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung bergerak cepat. Mudah-mudahan ini efektif dan ini juga merupakan langkah pemerintah untuk memfasilitasi penanganan Covid-19,” pungkasnya. (*)

Teks: rilis
Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait