Jum’at, DKPP Sidang KPU Musi Rawas

SWARNANEWS.CO.ID, MUSIRAWAS | Sebagaimana informasi dari Humas Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP RI) melalui laman resmi Facebook DKPP RI (12/5/2020) bahwa DKPP RI akan melaksanakan sidang kode etik Dugaan Pelanggaran Kode Etik terhadap Komisioner KPU Musi Rawas pada jari Jum’at tanggal 15 Mei 2020 dimulai pukul 09.30 sampai dengan selesai dan dapat dilihat secara langsung (live streaming) melalui Laman resmi Facebook DKPP RI.

Pihak teradu/Terlapor adalah Ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Rawas dengan Pengadu/Pelapor Catur Handoko melalui Kuasa Hukumnya M. Hidayat dan Kenny. Sedangkan yang menjadi pihak terkait dalam perkara ini adalah Ketua dan/ atau Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan serta Desti Raffika Andriani selaku staff Divisi Hukum KPU Musi Rawas.

Pengadu diwakili Kuasa Hukumnya menyatakan siap membuka semua bukti dan menghadirkan semua saksi di Sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia.

BACA JUGA  Hari Ini 136 DPD RI Dilantik

Hidayat menambahkan, ada beberapa rangkaian peristiwa yang dijadikan dalil-dalil pihaknya dalam pengaduannya ke DKPP RI. “Persoalan yang dialami oleh klien kami Catur handoko ini hanya satu bagian dari pokok pengaduan, ada bagian-bagian lain yang juga kami jadikan dalil yang sudah kami siapkan bukti-buktinya dan saksi-saksinya. Actori incumbit probatio, siapa yang mendalilkan maka dia harus membuktikan. Dan kami akan buka semua bukti dan kita dengarkan keterangan saksi di hadapan majelis pemeriksa perkara DKPP RI nantinya,”bebernya.

Oleh karena itu, menurut dia, biarlah proses hukum berjalan di ranahnya masing-masing.

“DKPP RI akan memeriksa perkara terkait etik dan perilaku penyelenggara pemilu, Polres Mura kami harapkan juga intens dalam penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan wewenang/kekuasaan melakukan pungutan liar dan atau menerima gratifikasi pada proses pemilihan PPK di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Rawas Tahun 2020. RI,” ujar M Hidayat SH MH didampingi Kenny SH selaku kuasa hukum Catur Handoko.

BACA JUGA  Soal Suksesi Golkar, Luhut: Biar Berproses Baik, Ada Mekanismenya

Hidayat menambahkan, ada beberapa rangkaian peristiwa yang dijadikan dalil-dalil pihaknya dalam pengaduannya ke DKPP RI. “Persoalan yang dialami oleh klien kami Catur handoko ini hanya satu bagian dari pokok pengaduan, ada bagian-bagian lain yang juga kami jadikan dalil yang sudah kami siapkan bukti-buktinya dan saksi-saksinya. Actori incumbit probatio, siapa yang mendalilkan maka dia harus membuktikan. Dan kami akan buka semua bukti dan kita dengarkan keterangan saksi di hadapan majelis pemeriksa perkara DKPP RI nantinya,” bebernya.

Teks : Supriyadi
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait