Harnojoyo Apresiasi KSM Sako, Manfaatkan Lahan Kosong

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Pemerintah Kota Palembang mengapresiasi kelompok swadaya masyarakat komplek Bumi Sako Damai (BSD) Kecamatan Sako yang telah membuat ide kreatif dalam memanfaatkan lahan tidur dengan cara bercocok tanam.

Ditengah kondisi pandemi saat ini, inovasi serta ide kreatif yang digagas oleh sekelompok masyarakat tersebut merupakan langkah awal untuk mengantisipasi kelangkaan pasokan pangan.

Hal ini dibenarkan Walikota Palembang Harnojoyo bahwa hal seperti ini harus menjadi contoh setiap kecamatan lain guna melakukan inovasi baru dengan cara memanfaatkan lahan kosong sebagai kegiatan bercocok-tanam disaat kondisi Covid- 19.

“Tentunya para camat lain harus melakukan hal yang sama, bahkan
untuk lahannya sendiri bisa lebih luas lagi sehingga banyak anggota dari kelompok masyarakat bisa melakukan kegiatan bercocok tanam di wilayah mereka masing-masing.

BACA JUGA  Sriwijaya FC Targetkan Poin Penuh Lawan PSIM Yogyakarta

Berdasarkan hasil laporan dari ibu Kapolsek Sako tadi, seputaran wilayah ini dulunya tidak terawat dan kotor, namun dengan adanya ide dari sekelompok masyarakat yang terdiri dari beberap RT terlihat kondisi tempat ini berubah menjadi tempat lahan bertani,”jelasnya, Rabu (3/6) saat melakukan peninjauan kampung tangkal covid 19.

Ia juga menambahkan dengan kondisi saat ini terus mengajak kepada masyarakat luas untuk tetap patuh akan aturan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19, apa lagi saat ini penerapkan kembali Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB).

Ditempat yang sama, Camat Sako Amirudin Sandi merencanakan jika kegiatan ini akan terus di lanjutkan di wilayah sako lainnya, sehingga tidak menutup kemungkinan dari kelompok masyarakat sekitar untuk bersama-sama melakukan sistem bercocok -tanam, tentunya memanfaatkan lahan kosong seperti di BSD ini.

BACA JUGA  Telkomsel Bantu Universitas Bangka Belitung (UBB) Wujudkan Kampus Digital

Sementara itu ketua RT 99 Muksim (40) menambahkan jika lahan yang digunakan ini kurang lebih 14 kampling, semua ditanami berbagai jenis sayuran, tanaman obat serta pembudidayaan ikan nila dan lele.

“Alhamdulilah dari Pemerintah Kota Palembang dan seluruh jajaran aparat keamanan TNI dan Polri kompak dan bergotong-royong dalam menggarap lahan tersebut. Tadi dari Pemkot sendiri membantu memberikan beras kepada warga terkena imbas dari wabah covid 19 serta bantuan bibit tanaman yang didiberikan kepada kelompok swadaya masyarakat untuk ditanam.

Mudah- mudahan apa yang telah digagas oleh kami bersama bisa membantu masyarakat sekitar BSD ini dalam memperoleh kebutuhan pangan sehari-hari,” tutupnya.

Teks : Iwan
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait