Ishak Mekki Sosialisasi Empat Pilar Kepada Mahasiswa dan Pelajar di OKI

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), dari Fraksi Partai Demokrat, Ir.H. Ishak Mekki, MM melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada kalangan mahasiswa dan santri di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Acara yang berlangsung di Mushala Pondok Pesantren (Ponpes) “Bait Al-Quran” Kelurahan Perigi, Kota Kayuagung, OKI tersebut, agar nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat senantiasa dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita sengaja menyasar kalangan mahasiswa dan pelajar di sini bertujuan membentuk fondasi yang kuat terhadap generasi muda yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa,” kata Ishak Mekki yang juga Anggota Komisi V DPR RI mengawali paparaannya tentang empat pilar kebangsaan, Selasa (30/6-2020).

Sosialisasi empat pilar yang terdiri dari dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka
Tunggal Ika, kata dia, dirasakan sangat perlu karena selain bertujuan untuk membangun ideologi yang kuat sebagai anak bangsa juga masih banyak kalangan masyarakat yang belum memahami bahwa soko guru bangsa kita adalah empat pilar tersebut.

“Untuk itulah saya sebagai salah satu Anggota MPR RRI diamanatkan oleh undang-undang untuk terus-menerus menyosialisasikan nilai-nilai empat pilar ini agar dapat melekat, dipahami dan diimplementasikan (diamalkan) dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ishak yang juga mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel ini, serius.

Banyak kalangan, lanjutnya, terutama generasi muda, yang tahu tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI maupun Bhineka Tunggal Ika. Namun banyak pula di antara mereka yang tidak memahaminya secara utuh dan mendalam akan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

“Dengan kurangnya pemahaman secara mendalam akan nilai-nilai yang terkandung di dalam empat pilar kebangsaan tersebut maka kurang pula pemahaman kita akan nilai-nilai dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Ishak berharap dengan sosialisasi ini, semua kalangan termasuk generasi muda tidak hanya semata tahu dan hapal terhadap empat pilar kebangsaan, melainkan juga paham akan maknanya.

Mudir Ponpes “Bait Al-Quran”, Syamsul Fuad didampingi para dewan guru di lingkungan Ponpes “Bait Al-Quran”, menyambut baik adanya sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut.

Dia berharap, dengan sosialisasi ini generasi muda khususnya di OKI dapat mengimplementasikan nilai-nilainya sehingga mereka tidak mudah terjerumus pada hal-hal negatif apalagi radikalisme.

Hadir juga dalam acara tersebut, Lurah Perigi, Kota Kayuagung, Mukhsin, Ketua Yayasan Bani Makki, M. Anton Andika, para Tenaga Ahli Anggota DPR RI, H. Zainuddin, ST, MM, H. Agus Hasan, SH dan Heriyanto. ZA, M.Si yang sekaligus bertindak selaku moderator acara.

Teks : Ril
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *